Dewan Nilai Penggalian Potensi Sumber PAD Belum Maksimal

Ketua DPRD Mura Gad F Silam.

PURUK CAHU, KaltengEkspres.com– Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Murung Raya menilai Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mura dianggap belum maksimal dalam menggali sumber potensi untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Hal ini diungkapkan oleh Ketua DPRD Mura Gad F Silam kepada awak media belum lama ini. Gad mencontohkan sektor yang masih luput dari atau belum tergali PAD-nya. Yakni masalah bangunan sarang burung walet yang sekarang menjamur di Kabupaten Mura dan bisa dikatakan menjadi salah satu usaha oleh masyarakat.

“Untuk bangunan sarang burung walet sebenarnya banyak potensi yang bisa diambil, seperti izin mendirikan bangunan (IMB), pajak bumi dan bangunan (PBB), izin usaha dan pajak penghasilan,”ujarnya.

Menurutnya, jika ingin menarik potensi tersebut tentu saja harus dibuat payung hukum berupa Peraturan Daerah (Perda) atau minimal Peraturan Bupati (Perbup). Sehingga hasil yang dipungut benar-benar bisa menambah penerimaan daerah secara maksimal dan digunakan untuk pembangunan. (eno/hm)