Home / DPRD Kobar / Kobar

Jumat, 25 Januari 2019 - 17:43 WIB

Dewan Apresiasi Petani Kopi Kumpai Batu Atas

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Pertanian kopi di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) harus selalu didukung dengan agar budidaya ini selalu dikembangkan masyarakat para petani kopi. Pasalnya, kopi Kabupaten Kobar ini memiliki ciri khas kopi yang sudah terkenal di kalangan penikmat kopi di Pangkalan Bun yakni Kopi Liberika yang sekarang dibudidayakan petani Kumpai Batu Atas (KBA).

Melihat potensi ini, Anggota DPRD Kobar Mustofa Basri dari Fraksi PKB mengapresiasi masyarakat Kumpai Batu atas semangatnya dalam membudidayakan tanaman kopi ini. Ini terlihat dari petani kopi setempat yang menanam kembali tanaman kopi di kebun dan pekarangan rumah masing-masing.

Baca Juga :  Gelapkan Karet, Buruh Borongan PTPN XII Dibekuk Polisi

“Masyarakat sangat semangat dan antusias menanam kembali kopi, terlebih lagi sekarang mereka sudah memiliki nama atas tanaman kopi mereka yaitu kopi liberika, dan ini harus kita apresiasi terhadap para petani ini,” ungkapnya Jumat (25/1).

Baca Juga :  Rumah dan Mobil Pikap Berkobar, Sopir Luka Bakar

Ia juga menilai para petani sudah banyak memiliki pesanan kopi saat panen. Karena itu para petani juga harus meningkatkan hasil panen tanaman dan kualitas kopinya.

“Apalagi para petani sudah mempunyai nama dan kebun kopi yang sering di kunjungi para wisatawan asing untuk melihat secara langsung proses ranaman kopi, dimana sudah 300 lebih wisatawan asing maupun lokal datang kesana,” tandas Basir. (aro)

Share :

Baca Juga

Kobar

Sebulan Menghilang, Bidan Cantik Ini Senter Dikaitkan Dengan Temuan Tengkorak

Kobar

Antar Paket Sabu, Kurir Tak Berkutik Dibekuk Polisi

Kobar

Tiga Raperda Baru Disahkan

Kobar

Bupati Kunjungi Kebun Kopi Lokal Kobar

Kobar

51 Personel Polres Kobar Amankan Pawai Nasi Adab

DPRD Kobar

Dewan Dorong Puskesmas Terapkan PIS PK

Kobar

RKS Project Gebrak Balantika Musik Nasional

Kobar

Bupati Kobar Bagikan Masker ke Warga