Home / Kobar

Sabtu, 12 Januari 2019 - 13:57 WIB

Cegah Abrasi, BPBD Kobar Bangun Tanggul Sementara

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com– Guna mencegah meluasnya abrasi di pesisir pantai Desa Sebuai dan Keraya Kecamatan Kumai, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), membangun tanggul pemecah ombak sementara di tepi pantai, Sabtu (12/1/2019). Pembangunan ini dilakukan disejumlah titik yang dianggap rawan terjadi abrasi.

“Kita dari BPBD Kobar membuat tanggul pemecah ombak sementara di area bibir pantai yang terkena abrasi. Bahan yang digunakan ban bekas yang diisi pasir dan ditumpuk di bibir pantai, dan ini sifatnya mendadak atau darurat sementara,”kata Kepala BPBD Kobar Petrus Rinda Sabtu (12/1).

Baca Juga :  Mantap....Pondok Baca Marnit Polairud Kumai Diminati Warga

Petrus menjelaskan, digunakannya ban bekas tersebut karena beberapa hari yang lalu, pihaknya menerima batuan ban bekas dari sejumlah masyarakat dan perusahaan dengan jumlah sebanyak 70 biji berukuran besar.
“Jika tidak ada hambatan, dalam waktu dekat masih banyak lagi warga yang akan memberikan bantuan ban bekas berukuran besar ini,”ujarnya.

Baca Juga :  Antisipasi Kriminal, Polisi Tingkatkan Patroli Keamanan

Menurut Petrus, selama cuaca buruk dan ombak tinggi dipastikan wilayah pesisir dua desa tersebut terjadi abrasi di bibir pantai. Karena itu ke depan pihaknya akan memprioritaskan penguatan dan peninggian tanggul yang sudah ada.

“Kalau ombak tinggi memang ombak bisa mencapai daratan. Jadi ke depan tanggul yang sudah ada akan kita kuatkan lagi.”tandasnya. (aro)

Share :

Baca Juga

Kobar

Resmi Mendaftar…DPC PKB Kobar Tagetkan Satu Kursi Satu Dapil

Kobar

Curi Ponsel, Sacurity STIKES Borneo Diringkus Polisi

Kobar

Meski Corona, Angka Pengantin Baru di Kobar Capai 100 Pasang

Kobar

Sempat Menolak, Evakuasi Kakek Slamet Makan Waktu 12 Jam

Kobar

Polisi Selidiki Konser Dangdut di Desa Kondang

Kobar

Angin Puting Beliung Porak Porandakan 2 Rumah dan 1 Sekolah di Kobar

Kobar

Dua Pengedar Sabu Disergap Saat Bertransaksi

Kobar

Jalin Silaturahmi Sekaligus Kenalkan PR Baru, PT Astra Ajak Jurnalis Kobar Berwisata ke TNTP
error: Content is protected !!