Home / Kobar

Sabtu, 12 Januari 2019 - 13:57 WIB

Cegah Abrasi, BPBD Kobar Bangun Tanggul Sementara

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com– Guna mencegah meluasnya abrasi di pesisir pantai Desa Sebuai dan Keraya Kecamatan Kumai, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), membangun tanggul pemecah ombak sementara di tepi pantai, Sabtu (12/1/2019). Pembangunan ini dilakukan disejumlah titik yang dianggap rawan terjadi abrasi.

“Kita dari BPBD Kobar membuat tanggul pemecah ombak sementara di area bibir pantai yang terkena abrasi. Bahan yang digunakan ban bekas yang diisi pasir dan ditumpuk di bibir pantai, dan ini sifatnya mendadak atau darurat sementara,”kata Kepala BPBD Kobar Petrus Rinda Sabtu (12/1).

Baca Juga :  Bupati Dorong Kader PPP di Kecamatan Berkontribusi Bagi Pembangunan Desa

Petrus menjelaskan, digunakannya ban bekas tersebut karena beberapa hari yang lalu, pihaknya menerima batuan ban bekas dari sejumlah masyarakat dan perusahaan dengan jumlah sebanyak 70 biji berukuran besar.
“Jika tidak ada hambatan, dalam waktu dekat masih banyak lagi warga yang akan memberikan bantuan ban bekas berukuran besar ini,”ujarnya.

Baca Juga :  Lagi, Ratusan Juta Melayang Ditangan Bandar Arisan Bodong 

Menurut Petrus, selama cuaca buruk dan ombak tinggi dipastikan wilayah pesisir dua desa tersebut terjadi abrasi di bibir pantai. Karena itu ke depan pihaknya akan memprioritaskan penguatan dan peninggian tanggul yang sudah ada.

“Kalau ombak tinggi memang ombak bisa mencapai daratan. Jadi ke depan tanggul yang sudah ada akan kita kuatkan lagi.”tandasnya. (aro)

Share :

Baca Juga

Kobar

Kakek Rofik Ditemukan Tewas di Ladang Sayur

Kobar

Empat ASN Tolak Materi Dakwaan JPU

Kobar

PLN Sebut Penjualan Tutup KWH Modus Oknum, Warga Disilakan Melapor

Kobar

Tiga Rumah dan Satu Barakan di Jalan Udan Said Pangkalan Bun Diamuk Jago Merah

Kobar

Sehari, Dua Pengedar Sabu Kobar Disergap Polisi

Kobar

Bejat, Oknum Ustaz Ponpes Cabuli 2 Ibu Hamil

Kobar

Puluhan Warga Binaan dan Petugas Lapas Pangkalan Bun Dites Urine

Kobar

Diterjang Angin, Pondok Dermaga Pantai Kubu Ambruk