Home / Kobar

Sabtu, 12 Januari 2019 - 13:57 WIB

Cegah Abrasi, BPBD Kobar Bangun Tanggul Sementara

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com– Guna mencegah meluasnya abrasi di pesisir pantai Desa Sebuai dan Keraya Kecamatan Kumai, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), membangun tanggul pemecah ombak sementara di tepi pantai, Sabtu (12/1/2019). Pembangunan ini dilakukan disejumlah titik yang dianggap rawan terjadi abrasi.

“Kita dari BPBD Kobar membuat tanggul pemecah ombak sementara di area bibir pantai yang terkena abrasi. Bahan yang digunakan ban bekas yang diisi pasir dan ditumpuk di bibir pantai, dan ini sifatnya mendadak atau darurat sementara,”kata Kepala BPBD Kobar Petrus Rinda Sabtu (12/1).

Baca Juga :  Waduh! Mobil dan Motor Ikut Terbakar

Petrus menjelaskan, digunakannya ban bekas tersebut karena beberapa hari yang lalu, pihaknya menerima batuan ban bekas dari sejumlah masyarakat dan perusahaan dengan jumlah sebanyak 70 biji berukuran besar.
“Jika tidak ada hambatan, dalam waktu dekat masih banyak lagi warga yang akan memberikan bantuan ban bekas berukuran besar ini,”ujarnya.

Baca Juga :  Revo vs CBR Adu Kuat, Warga Katingan Patah Kaki

Menurut Petrus, selama cuaca buruk dan ombak tinggi dipastikan wilayah pesisir dua desa tersebut terjadi abrasi di bibir pantai. Karena itu ke depan pihaknya akan memprioritaskan penguatan dan peninggian tanggul yang sudah ada.

“Kalau ombak tinggi memang ombak bisa mencapai daratan. Jadi ke depan tanggul yang sudah ada akan kita kuatkan lagi.”tandasnya. (aro)

Share :

Baca Juga

Kobar

Polres Kobar Simulasi Pengamanan TPS 

Kobar

Bawa Sajam, Pemuda Mabuk Diringkus Polisi

Kobar

Pembangunan Jembatan Sungai Arut Terus Digenjot

Kobar

Berprestasi, Dua Brigadir Ini Diberi Penghargaan

Kobar

Selama Libur Lebaran, Layanan IGD RSUD Imanuddin Buka 24 Jam

Kobar

Ratusan Personel Polres Kobar Ikuti Rapid Test Massal 

Kobar

Gasak Dua Unit Sepeda Motor Warga, Residivis Kambuhan Dibekuk Polisi

Kobar

Ustaz Bejat Perkosa Bocah SD di Musala
error: Content is protected !!