Connect with us

Pemkab Kobar

Kadis TPHP Sebut Kebutuhan Cabai Kobar Mencukupi

Kepala Dinas TPHP Kobar Kamaluddin saat memberikan keterangan kepada awak media Jumat (25/1).

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Kobar Kamaludin menyebutkan, bahwa kebutuhan cabai di Kobar saat ini mencukupi.

“Saat ini harga cabai rawit di pasaran sudah stabil. Hal itu dikarenakan kebutuhan cabai mampu dipasok oleh petani lokal dari Kobar, saat ini pemasok cabai dari luar Kobar tidak bisa lagi bermain, karena kebutuhan bisa terpenuhi,” kata Kamaludin diruang kerjanya Jumat (25/1).

Menurut dia, harga cabai rawit lokal saat ini tidak kalah kualitasnya dengan cabai dari Pulau Jawa. Bahkan cabai lokal cenderung diminati pembeli, karena masih segar dan baru dipetik dari kebun. “Beda halnya cabai dari luar itu sudah beberapa hari dipanen karena butuh waktu pengiriman,”ungkapnya.

Sementara untuk pasokan bawang merah lanjut dia, baru sekitar 30 persen yang bisa dicukupi petani lokal. Kedepan petani Kobar akan terus dibina agar bisa lebih banyak menanam bawang merah. Mengingat peluang pasar yang begitu besar.

“Saat ini petani lokal juga sudah membudidayakan tanaman bawang merah di Kecamatan Arut Selatan seperti Desa Kumpai Batu Bawah, Kumpai Batu Atas, Natai Raya, kemudian di Kecamatan Pangkalan Lada terletak di Desa Purbasari, Pangkalan Durin, dan Desa Kubu, Teluk Bogam di Kecamatan Kumai,”tandasnya. (aro)

Artikel ini telah dilihat : 6 kali.
error: Content is protected !!