Connect with us

DPRD Kota

Pemerataan Pelaksanaan UNBK Tahun Ini Harus Terlaksana

Hj Mukarramah

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya mendukung rencana Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palangka Raya yang ingin melakukan penerapan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) secara merata pada Sekolah Tingkat Pertama (SMP) yang ada diwilayah kota Palangka Raya.

“Pada saat rapat dengan pendapat (RDP) dengan pihak Disdik, pada prinsifnya anggota dewan mengapresiaai serta mendukung rencana pemerataan pelaksanaan UNBK di tahun 2019 ini,” ungkapnya, Ketua Komisi C DPRD Kota Palangka Raya Mukarramah, Selasa (14/1).

Menurut Mukarramah, bila hal tersebut dapat diwujudkan, maka akan menjadi hal yang baik terhadap peningkatan mutu dan kualitas pendidikan. Terlebih sejatinya pemerintah daerah memiliki tugas memajukan pendidikan, terutama dalam meningkatkan kemampuan para peserta didik.

“Berkaca dari daerah lain yang sudah melakasanakan UNBK secara merata, maka akan didapat hasil positif. Sebut saja dapat meminimalisir kecurangan yang kerap terjadi pada saat pelaksanaan ujian nasional berbasis ketas dan pensil,” tandasnya.

Lebih jauh srikandi partai Nasdem Kota Palangka Raya ini menyebutkan untuk mewujudkan rencana pemeratan UNBK tersebut, maka diperlukan kesiapan dan langkah-langkah kongkret. Terutama kesiapan setiap sekolah dalam hal menunjang sarana dan prasarana pendukung.

“Termask pula anggaran yang dialokasikan bagi Disdik harus benar-benar mampu melaksanakan dan mendukung dari rencana program tersebut,” tambahnya lagi.

Mukarramah menambahkan Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Disdik juga harus memperhatikan serius dalam menyikapi kendala-kendala dari pelaksanaan UNBK yang digelar sejumlah sekolah selama ini.

“Pada intinya pemerataan sekolah dalam melaksanakan UNBK, benar-benar dapat dijalankan secara berkualitas,” pungkasnya. (dr)

Advertisement
Artikel ini telah dilihat : 3 kali.
error: Content is protected !!