Tes Urine, Ratusan ASN Kobar Dipaksa Kencing

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Ratusan aparatur sipil negara (ASN) dilingkup Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), dipaksa untuk kencing saat digelarnya tes urine oleh Badan Narkotika Nasional (BNNK) Kobar di Aula Kantor Bupati Kobar, Senin (10/12/2018).

Kepala BNNK Kobar I Wayan Korna mengatakan, kegiatan tes urine ini diikuti 201 ASN yang bertugas di Kantor Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Kobar. Merupakan perintah dari Presiden RI yang disampaikan melalui Menteri Pendayagunaan Apartur Negara yang mengintruksikan setiap ASN wajib mengikuti tes urine.

Untuk itu lanjut dia, guna memastikan ASN bebas dari narkoba, maka kegiatan ini digelar secara mendadak tanpa pemberitahuan dari awal. Sehingga para pengguna atau pemakai narkoba di lingkup ASN ini bisa ketahuan.

“Hasil tes ini nanti langsung dilaporkan secara langsung kepada Bupati Kobar Hj Nurhidayah. Setelah itu jika nanti ada yang positif pemakai langsung ditindaklanjuti oleh bupati. Nanti bupati yang menyampaikan hasilnya ke media,”papar Wayan. (aro)