Sekolah Perempuan untuk Kesejahteraan Keluarga

PEMBINAAN : Kader sekolah perempuan Desa Rubung Buyung ketika bersama The Asia Fundation dan Lakpesdam NU Kotim, Kamis (13/12)

SAMPIT, KaltengEkspres.com – Lembaga Kajian dan Pembinaan Sumber Daya Manusia (Lakspesdam) Nahdatul Ulama (NU) Kabupaten Kotawaringin Timur bekerjasama dengan pihak Pemerintah Desa Rubung Buyung, Kecamatan Cempaga untuk melakukan pembinaan terhadap masyarakat setempat.

Melalui sekolah perempuan yang sudah digelar sejak satu tahun ini, perkembangan usaha Anyaman tas, bakul, lawung hingga pada tempat buah-buahan yang terbuat dari bahan baku rotan pun terlihat sudah berkembang, dan kini proses pemasaran yang sedang berjalan.

Sasarannnya pemasaran anyaman jawet kepada masyarakat setempat hingga kepada masyarakat di perkotaan. Permintaan terhadap hasil karya perempuan Desa Rubung Buyung terus diburu.

Bahkan hasil karya perempuan Desa Rubung Buyung ini langsung mendapat perhatian dari The Asia Fundation. Bambang Ertanto dari The Asia Fundation mengaku kagum atas perkembangan terjadi terhadap sumber daya perempuan di Desa Rubung.

“Kami ingin melihat secara langsung perkembangan sumber daya yang ada di Rubung Buyung ini setelah masuknya Lakpesdam NU yang menjadi motor penggeraknya,” ucap Bambang di Rubung Buyung, Kamis (13/12).

Salah satu Kader Desa Rubung Buyung Novi menyampaikan bahwa perkembangan sumber daya manusia di Rubung Buyung berkembang pesat setalah hadirnya Lakpesdam NU datang, terutama dengan hadirnya sekolah peremuan di Desa mereka.

“Banyak juga kegiatan yang lain dapat kami berbagi dan terima bersama masyarakat. Terutama ibu-ibu pekerja jawet pun mulai di pasilitasi baik desa serta ada perhatian dari pihak perusahaan yang ada di sekitar Desa Rubung Buyung,” ucapnya.

Kehadiran sekolah perempuan ini merupakan bagian untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga masyarakat setempat. (eno)