Connect with us

Kotim

Selama 2018, BKSDA Pos Sampit Terima 15 Satwa Liar Dilindungi

Published

on

Komandan BKSDA Pos Sampit Muriansyah saat memberikan pengarahan kepada anggotanya Rabu (19/12).

SAMPIT, KaltengEkspres.com – Sedikitnya 15 satwal liar dilindungi telah diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) sepanjang tahun 2018 ini.

Komandan BKSDA Pos Sampit Muriansyah mengatakan,15 satwa liar tersebut diserahkan masyarakat. Rinciannya, 13 diantarnya diserahkan oleh warga Kotim, sementara 2 lainnya di serahkan warga Kotawaringin Barat (Kobar).

“Jenis satwa tersebut yakni satu ekor beruang, tiga ekor buaya, tiga ekor kukang, dua ekor bekantan, satu ekor orang utan, satu ekor elang, tiga ekor uwa-uwa dan dua ekor beruang,” ungkap Muriansyah Rabu (19/12).

Menurut dia, penyerahan satwa liar yang populasinya hampir punah tersebut paling banyak di bulan Oktober, dengan jumlah 11 ekor satwa.

“Banyaknya warga dengan sukarela menyerahkan satwa liar yang mereka pelihara, menandakan jika kesadaran untuk tidak memelihara hewan yang di lindungi negara makin menunjukan peningkatan,”ujarnya.

Seusai diserahkan lanjut dia, binatang tersebut direhabilitasi setelah itu dilepasliarkan ke kawasan hutan lindung. (pras)