Connect with us

Kobar

Warga Desa Penyombaan Siapkan 100 Ha Lahan Kebun Kopi

Published

on

Bupati Kobar Hj Nurhidayah saat memberikan keterangan kepada awak media Rabu (12/12).

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com-Warga Desa Penyombaan Kecamatan Arut Utara (Aruta) menyiapkan lahan seluas 100 hektare (Ha) untuk pengembangan kebun kopi. Bahkan sample tanah tersebut sudah di bawa ke Jember Jawa Timur (Jatim) untuk diteliti kualitasnya.

Bupati Kobar Hj Nurhidayah mengakui, bahwa masyarakat setempat telah menyiapkan lahan seluas 100 Ha untuk kebun kopi. Saat ini kata dia, kualitas tanah di lahan tersebut masih diteliti mengenai jenis kopi yang cocok untuk ditanam.

“Sejauh ini masih dilakukan penelitian oleh tim dari Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia (PPKK) Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur,”kata Nurhidayah Rabu (12/12).

Menurut dia, pengembangan kebun kopi ini bertujuan untuk menjadikan Desa Penyombaan sebagai proyek percontohan. Sehingga secara perlahan berdampak terjadinya pengalihan aktivitas pertambangan yang selama ini masih dilakukan masyarakat.

Pasalnya lanjut dia, untuk lokasi tanah Desa Panyombaan tersebut memang sangat subur. Ini diketahui dari hasil penelitian tim PPKK. (aro)