Connect with us

Seruyan

Mantap..Realisasi PD Seruyan Capai 84,82 Persen

Sekda Seruyan Haryono saat menyampaikan sambutannya Senin (3/12).

KUALA PEMBUANG, KaltengEkspres.com-Realisasi pendapatan daerah (PD) Kabupaten Seruyan sejak Januari hingga 30 November 2018, sebesar Rp943.637.026.618,17 atau 84,82% dari target yang telah ditentukan.

Hal ini diutarakan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Seruyan Haryono pada saat acara rapat koordinasi dan evaluasi penerimaan pendapatan daerah tahun 2018 sekaligus penetapan target pendapatan daerah tahun anggaran 2019 se-Kabupaten Seruyan.

“Dari total tersebut, penerimaan dari pendapatan asli daerah (PAD) hanya berjumlah Rp97.651.237.424,07 atau sekitar 93,76% dari total penerimaan daerah,” kata Haryono, Senin (3/12).

Ia mengatakan, peran dari PAD sendiri dalam struktur pendapatan daerah tercermin dari besarnya kontribusi terhadap pendapatan daerah itu sendiri.

“Sehingga dari besarnya kontribusi tersebut dapat mencerminkan kemandirian suatu daerah dalam pembiayaan rumah tangganya,”ujarnya.

Sedangkan untuk pendapatan daerah yang bersumber dari PAD sendiri sangat berpotensi besar untuk mendukung pembiayaan pemerintahan dan pembangunan.

“Karena itu saya mengajak kepada seluruh pihak terkait untuk terus berupaya meningkatkan pendapatan daerah khususnya yang bersumber dari pajak daerah dan retribusi daerah,” ungkapnya.

Ini bertujuan agar mengurangi tingkat ketergantungan terhadap pemerintah pusat, sekaligus menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan pembiayaan pembangunan daerah. (al)

Advertisement
loading...
Advertisement