Home / Seruyan

Kamis, 22 November 2018 - 16:56 WIB

Petani Kelapa Seruyan Keluhkan Anjloknya Harga Kelapa

KUALA PEMBUANG, KaltengEkspres.com – Beberapa bulan terakhir harga buah kelapa ditingkat petani Kabupaten Seruyan tak kunjung membaik, khususnya di daerah kecamatan Seruyan Hilir Timur yang notabenenya daerah penghasil kelapa lokal di Kabupaten Seruyan.

“Sudah berbulan bulan ini harga kelapa anjlok dan tak kunjung membaik, entah apa yang menyebabkannya kami juga tidak tahu, kondisi ini sangat menyulitkan bagi kami,” kata Ibas (65) salah satu petani kelapa yang ada di Desa Pematang Panjang Kecamatan Seruyan Hilir, Rabu (21/11).

Baca Juga :  Jelang Libur Idul Fitri, Pemkab Seruyan Tetap Tutup Objek Wisata

Ia menjelaskan, harga kelapa per butirnya saat ini masih berkisar antara Rp800-Rp1000 dari harga normal yang biasanya berkisar pada Rp1500-Rp2000.

Belum lagi ditambah dengan berkurangnya produktivitas hasil panen buah yang dialami para petani, hal ini semakin mempersulit keadaan para petani kelapa lokal yang langsung menjual kelapa mentahnya kepada para pengepul.

“Saat ini produktivitas buahnya juga menurun, biasanya kebun saya itu normalnya bisa menghasilkan 5.000 biji sekali panen, sekarang hanya mencapai 2000-3000 an saja,”ujarnya.

Baca Juga :  Bupati Canangkan Hasil Panen Petani Seruyan Ditampung BUMD

Dengan produktivitas yang semakin menurun dan harga yang juga tak kunjung membaik ini lanjut dia, dirasakan sangat menyulitkan bagi para petani setempat.

Karena itu ia mengharapkan agar anjloknya harga kelapa tersebut menjadi perhatian dari pemerintah daerah setempat, sehingga bisa mencari solusi bagi para petani. (al)

Share :

Baca Juga

Seruyan

Dewan Minta Warga Patuhi Larangan Membakar Hutla

Seruyan

Dewan Ajak Masyarakat Perangi Kampanye Hitam

Seruyan

Bupati Salurkan Kartu BPJS Bagi Warga UPT Tanggul Harapan

Seruyan

Dewan Ajak Masyarakat Seruyan Dukung Atlet di Porprov Kalteng

Seruyan

Dewan Imbau Masyarakat Tidak Terpengaruh Isu Hoax

Seruyan

Jaring Putra Daerah, Pemkab dan Polres Jalin Kerjasama

Seruyan

DPRD Seruyan Dukung Pemkab Wujudkan KLA

Seruyan

Serapan Anggaran Masih Rendah, Pjs Bupati Ingatkan SOPD Seruyan
error: Content is protected !!