Home / Seruyan

Kamis, 22 November 2018 - 16:56 WIB

Petani Kelapa Seruyan Keluhkan Anjloknya Harga Kelapa

KUALA PEMBUANG, KaltengEkspres.com – Beberapa bulan terakhir harga buah kelapa ditingkat petani Kabupaten Seruyan tak kunjung membaik, khususnya di daerah kecamatan Seruyan Hilir Timur yang notabenenya daerah penghasil kelapa lokal di Kabupaten Seruyan.

“Sudah berbulan bulan ini harga kelapa anjlok dan tak kunjung membaik, entah apa yang menyebabkannya kami juga tidak tahu, kondisi ini sangat menyulitkan bagi kami,” kata Ibas (65) salah satu petani kelapa yang ada di Desa Pematang Panjang Kecamatan Seruyan Hilir, Rabu (21/11).

Baca Juga :  Pjs Bupati Minta Budaya Gotong Royong Jangan Dihilangkan

Ia menjelaskan, harga kelapa per butirnya saat ini masih berkisar antara Rp800-Rp1000 dari harga normal yang biasanya berkisar pada Rp1500-Rp2000.

Belum lagi ditambah dengan berkurangnya produktivitas hasil panen buah yang dialami para petani, hal ini semakin mempersulit keadaan para petani kelapa lokal yang langsung menjual kelapa mentahnya kepada para pengepul.

“Saat ini produktivitas buahnya juga menurun, biasanya kebun saya itu normalnya bisa menghasilkan 5.000 biji sekali panen, sekarang hanya mencapai 2000-3000 an saja,”ujarnya.

Baca Juga :  Gubernur Kalteng Serahkan Bantuan Sosial Terdampak Covid-19 di Seruyan

Dengan produktivitas yang semakin menurun dan harga yang juga tak kunjung membaik ini lanjut dia, dirasakan sangat menyulitkan bagi para petani setempat.

Karena itu ia mengharapkan agar anjloknya harga kelapa tersebut menjadi perhatian dari pemerintah daerah setempat, sehingga bisa mencari solusi bagi para petani. (al)

Share :

Baca Juga

Seruyan

Sudarsono Harapkan Pjs. Bupati Seruyan Dorong Percepatan Infrastruktur

Seruyan

Cegah Stunting Anak, Dinkes Seruyan Gelar Lomba Balita Sehat

Seruyan

Bupati Seruyan Inginkan Pilkades Aman dan Damai

Seruyan

Camat Seruyan Hilir Sebut Perusahaan Sudah Ganti Rugi

Seruyan

Legislator Seruyan Berharap CPNS Tahun Ini Didominasi Putra Daerah

Seruyan

KPU Seruyan Sebut Lima Kecamatan Belum 100 Persen Input Data Suara

Seruyan

Pemkab Seruyan Dukung Pemdes Susun Penggunaan DD

Seruyan

Kasus Belum Terungkap, Warga Hanau Was-Was Melewati Jalan Kebun Sawit