Home / Seruyan

Kamis, 22 November 2018 - 16:56 WIB

Petani Kelapa Seruyan Keluhkan Anjloknya Harga Kelapa

KUALA PEMBUANG, KaltengEkspres.com – Beberapa bulan terakhir harga buah kelapa ditingkat petani Kabupaten Seruyan tak kunjung membaik, khususnya di daerah kecamatan Seruyan Hilir Timur yang notabenenya daerah penghasil kelapa lokal di Kabupaten Seruyan.

“Sudah berbulan bulan ini harga kelapa anjlok dan tak kunjung membaik, entah apa yang menyebabkannya kami juga tidak tahu, kondisi ini sangat menyulitkan bagi kami,” kata Ibas (65) salah satu petani kelapa yang ada di Desa Pematang Panjang Kecamatan Seruyan Hilir, Rabu (21/11).

Baca Juga :  Polres Seruyan Latih Psikologi Calon Anggota Polri

Ia menjelaskan, harga kelapa per butirnya saat ini masih berkisar antara Rp800-Rp1000 dari harga normal yang biasanya berkisar pada Rp1500-Rp2000.

Belum lagi ditambah dengan berkurangnya produktivitas hasil panen buah yang dialami para petani, hal ini semakin mempersulit keadaan para petani kelapa lokal yang langsung menjual kelapa mentahnya kepada para pengepul.

“Saat ini produktivitas buahnya juga menurun, biasanya kebun saya itu normalnya bisa menghasilkan 5.000 biji sekali panen, sekarang hanya mencapai 2000-3000 an saja,”ujarnya.

Baca Juga :  Bupati Seruyan Bersama Istri Ikut Rapid Test, Begini Hasilnya

Dengan produktivitas yang semakin menurun dan harga yang juga tak kunjung membaik ini lanjut dia, dirasakan sangat menyulitkan bagi para petani setempat.

Karena itu ia mengharapkan agar anjloknya harga kelapa tersebut menjadi perhatian dari pemerintah daerah setempat, sehingga bisa mencari solusi bagi para petani. (al)

Share :

Baca Juga

Seruyan

Dewan Dukung Polres Seruyan Berantas Narkoba

Seruyan

Tahun Depan, Pemkab Seruyan Mulai Oprasionalkan Pelabuhan Segintung

Seruyan

Jembatan Penghubung di Ruas Jalan Trans Sampit-Pangkalan Bun KM 105 Ambruk, Aktivitas Lalu Lintas Lumpuh

Seruyan

Pembangunan RSUD Hanau Sudah 99 Persen

Seruyan

Bupati Sebut Guru Berkualitas Berperan Tingkatkan Pendidikan

Seruyan

DPMD Seruyan Gelar Workshop Program Generasi Sehat dan Cerdas

Seruyan

Sidak Pasar, Pjs Bupati Sebut Harga Sembako Masih Normal

Seruyan

Mantap..Realisasi PD Seruyan Capai 84,82 Persen