Connect with us

Kobar

Kodim 1014 Pangkalan Bun Gelar Apel Penanggulang Bencana Alam

Dandim 1014 Pangkalan Bun Letkol Inf Roni Sulaeman saat memimpin apel gelar pasukan di halaman BPBD Kobar Jumat (23/11).

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Antisipasi kejadian bencana alam,baik banjir dan kebakaran di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Komando Distrik Militer (Kodim) 1014 Pangkalan Bun menggelar apel penanggulangan bencana bersama sejumlah instansi terkait. Kegiatan ini dilaksanakan di halaman Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kobar, Jumat (23/11).

Kegiatan yang dipimpin langsung Komandan Kodim (Dandim) Letkol Infantri Roni Sulaeman ini turut dihadiri oleh Kepala BPBD Kobar Pertrus Rinda, Kabag Ops AKP Todoan Gultom, dan Kabid Damkar Helmi.

Dandim mengatakan, apel gelar pasukan dalam rangka persiapan penanggulangan bencana ini, bertujuan untuk mengetahui kelengkapan personel dan sarana penunjang yang dimiliki.

Karena menurut dia, saat ini cuaca sudah memasuki musim penghujan yang diprediksi curah hujan cukup tinggi. Sehingga berpotensi terjadinya musibah banjir di berbagai daerah.

“Kita akui kegiatan ini sifatnya mendadak. Karena itu kami hanya berkoordinasi dengan BPBD Kobar. Apalagi peralatan penanggulangan bencana besar tidak mungkin di angkut. Kendati demikian meski terkean mendadak, alhamdulillah semua berjalan aman,”ungkap Roni Sulaeman kepada Kalteng Ekspres.com seusai apel Jumat (23/11).

Ia menjelaskan, dalam penanggulan bencana nanti, pihaknya bersama BPBD Kobar akan bekerjasama dengan desa, terutama dalam penetapan posko. Karena sampai saat ini belum ada posko yang dibangun.

“Untuk itu nanti kita langsung merapat ke desa-desa yang rawan bencana banjir. Supaya membangun posko bencana sehingga jika terjadi musibah langsung cepat ditangani,”ujarnya. (aro)

Advertisement
loading...
Advertisement