Connect with us

DPRD Kota

Legislator Kota Dorong Pemkot Kembangkan Peternak Lokal

Anggota DPRD Kota Palangka Raya Sugianoor saat poto bersama.

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Sugianor mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Palangka Raya, mengembangkan pertenak lokal seperti budidaya ikan karamba maupun kolam dan peternak unggas.

Hal diutarakannya supaya peternak lokal bisa mandiri dan berkembang. Disamping itu mampu memenuhi kebutuhan pasar dalam Kota Palangka Raya sendiri tanpa harus bergantung pasokan dari luar daerah.

Politisi PKB ini juga berharap agar pemkot melalui instansi terkaitnya, terus membantu membina potensi dari para peternak ikan lokal ini. Memang diakui masuknya pasokan daging ikan dan ayam sebagian masih berasal dari luar, sudah merupakan hukum pasar.

Kendati demikian, lanjut dia, bisa dibuat aturan dengan melakukan pengawasan dilapangan, agar pasokan dari peternak lokal tetap mampu memenuhi kebutuhan konsumen di Palangka Raya.

“Artinya pasokan dari luar tersebut jika mampu diatur sedemikian rupa, hal ini dilakukan agar peternak lokal mampu hidup dan mampu memenuhi kebutuhan lokal di Palangka Raya,” kata Sugianor, Selasa (20/11).

Diakui Sugianor, bahwa sejauh ini memang pembinaan terhadap peternak lokal masih berjalan. Selain pembinaan peternak lokal, juga perlu ditingkatkan terkait ketersediaan pakan ikan dan hewan ternak. Hal ini perlu ada perhatian dan pemikiran bersama antara DPRD beserta Pemkot Palangka Raya.

Sebab selama ini tambah Sugianor, pakan ikan dan ternak lebih banyak didatangkan dari luar, sehingga harganya yang kadang melambung bisa mempengaruhi harga daging di pasar lokal. Padahal, sebenarnya Palangka Raya memiliki potensi untuk pembangunan pabrik pakan ikan sendiri. (dr)

Advertisement
loading...
Advertisement