Connect with us

Seruyan

DKPP Seruyan Tanam Padi Serentak di Seruyan Hilir

Kepala DKPP Seruyan Sugiannor saat melakukan penanaman padi serentak dengan petani Seruyan Hilir.

KUALA PEMBUANG, KaltengEkspres.com – Guna mewujudkan Kabupaten Seruyan sebagai lumbung padi Kalteng, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Seruyan, mulai melaksanakan program realisasi di lapangan, diantaranya dengan melakukan penanaman pertanian padi serentak di Seruyan Hilir.

“Jadi hari ini kita melakukan penanaman padi serentak secara simbolis bersama dengan para petani yang ada di daerah berdikari Seruyan Hilir,” kata Kepala DKPP Seruyan Sugiannor.

Ia mengatakan, kegiatan yang disebut gerakan serentak menanam padi (gertak nadi) secara simbolis dilakukan disalah satu lahan milik petani di berdikari dengan luas 3 hektare.

“Hari ini kita tanam secara simbolis untuk memulai Gertak Nadi ini, dan ada sebagian besar kelompok tani yang juga melakukan penanaman pada hari ini,” tambahnya.

Ia menjelaskan, lahan pertanian yang ada di Kecamatan Seruyan Hilir ini sangat berpotensi untuk meningkatkan produktifitas padi yang ada di Seruyan.

“Besar sekali potensinya, dengan lahan aktif yang berjumlah sekitar 600 hektare dan semoga saja kita bisa mewujudkan program Seruyan Hilir sebagai lumbung padi Kabupaten Seruyan, dan bahkan nantinya bisa sejalan dengan keinginan Bupati yang ingin menjadikan Seruyan sebagai lumbung padi Kalteng,”ujarnya.

Ia mengharapkan, dengan dilakukannya penanaman serentak, diharapkan proses panennya nanti bisa dilakukan secara serentak pula.

“Karena jika penanamannya dilakukan serentak, otomatis hama tanaman pun mudah untuk dikendalikan, dan semoga saja panennya nanti bisa dilakukan secara serentak dan hasilnya pun bisa memuaskan,”ucapnya. (al)

Advertisement
loading...
Advertisement