Home / Katingan

Sabtu, 6 Oktober 2018 - 17:16 WIB

Sakariyas Lantik Damang Adat Katingan Hulu

KASONGAN, KaltengEkspres.com – Bupati Katingan Sakariyas melantik Milo S Binti sebagai Damang Adat Kecamatan Katingan Hulu periode 2018-2024. Kegiatan pelantikan ini dilaksanakan di Desa Tumbang Sanamang, Kecamatan Katingan Hulu, pada Festival Tandak Intan Kaharingan VII, Jumat (5/10).

Bupati mengatakan, damang kepala adat memiliki tugas yang cukup berat, mengingat damang kepala adat tugas dan tanggung jawab untuk menegakkan budaya “Huma Betang” dan “Belum Bahahadat” yang memiliki arti hidup beradat.

Baca Juga :  Tingkatkan Kesadaran Masyarakat, BPBD Kotim Sosialisasi Pencegahan Bencana

Karena itu lanjut Sakariyas, selaku damang kepala adat kedudukannya merupakan sebagai mitra camat dalam pemberdayaan, pelestarian, pengembangan adat istiadat, lembaga adat serta hukum adat.




“Saya berharap agar selaku damang kepala adat di wilayah kecamatan Katingan Hulu agar dapat bersikap dan berperilaku baik, sehingga tidak ada masyarakat yang merasa tersisih dan tertinggalkan. Selaku damang kepala adat juga harus bertindak seadil-adilnya,”ujar Sakariyas.

Baca Juga :  Dibuka Resmi Pjs Bupati, FSQ Diharapkan Jadi Wadah Pembinaan

Selanjutnya Sakariyas juga mengingatkan agar damang tidak bertindak secara sembarangan. “Seperti yang kita ketahui di wilayah kecamatan yang ada dikabupaten Katingan terdapat banyak permasalahan yang terkait dengan lahan,”bebernya.

Pelantikan Milo S. Binti sebagai damang kepala adat setelah pada pemilihan Damang Kepala Adat Kecamatan Katingan Hulu memperoleh suara terbanyak. (ejk)

Share :

Baca Juga

Katingan

Katingan Menargetkan Juara Tiga Besar MTQ Provinsi Kalteng

Katingan

Pria Berusia 48 Tahun Ditemukan Tewas Mengapung di DAS KatinganĀ 

Katingan

LPTQ Katingan Gelar Rapat Persiapan STQH dan MTQ

Katingan

Sempat Buron, Ratu Sabu Katingan Dibekuk Polisi

Katingan

10 Bulan Buron, Mantan Kades Kruing Berhasil DiringkusĀ 

Katingan

Kakek Usia 61 Tahun Tewas di Barak

Katingan

200 Kontingen Pesparawi Katingan Bertolak Ke Lamandau

Katingan

Jelang Persiapan Pilkada, Polres Katingan Kerahkan Anggota di KPU