Home / Seruyan

Kamis, 18 Oktober 2018 - 21:39 WIB

Cegah Stunting Anak, Dinkes Seruyan Gelar Lomba Balita Sehat

KUALA PEMBUANG, KaltengEkspres.com-Dalam rangka mencegah stunting (Pendek) pada anak, Dinas Kesehatan (Dinkes) Seruyan menggelar lomba balita sehat di Gedung Serba Guna Kuala Pembuang, Kamis (18/10).

“Stunting adalah kondisi dimana anak mengalami gangguan pertumbuhan sehingga menyebabkan ia lebih pendek ketimbang teman-teman seusianya. Kondisi ini masih banyak para orang tua yang belum memahami bahwa anak pendek adalah tanda bahwa ada gangguan pertumbuhan pada anak tersebut,” kata Kepala Dinkes Kabupaten Seruyan Mahdiniansyah di Kuala Pembuang, Kamis (18/10).

Ia mengatakan, kegiatan lomba balita sehat Indonesia ini sangat penting, terutama untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan anak, terutama untuk memberikan pengetahuan dan pemahan kepada orang tua betapa pentingnya untuk memperhatikan pola makan dan gizi anak.

Baca Juga :  Dewan Dukung Polres Seruyan Berantas Narkoba

“Fokus utama kita memang adalah untuk mencegah stunting pada anak, jadi memang langkah kita salah satunya adalah dengan agenda ini, kemudian kami juga mengimbau kepada posyandu dan puskesmas yang ada di setiap Kecamatan dan desa agar bisa memberikan penyuluhan kepada masyarakat,” ujarnya.

Oleh karena itu, ia mengimbau kepada seluruh orang tua agar bisa memperhatikan pola makan secara berkesinambungan, mulai dari hamil sampai dengan seterusnya, supaya status Stunting pada anak itu tidak terjadi.

Baca Juga :  Curi Uang Pengunjung, Dua Satpam RSUD Kuala Pembuang Diringkus Polisi

“Bukan hanya pertumbuhan saja yang terganggu, tapi tingkat kecerdasan anak juga bisa berpengaruh, di Seruyan ini sudah ada beberapa kasus anak yang mengalami stunting dan kita terus upayakan untuk melakukan evaluasi dan penanganan,” ujarnya.

Sementara itu terpisah Asisten 3 Administrasi Umum Setda Seruyan Agus Suharto mengatakan, bahwa Pemkab Seruyan sangat mendukung kegiatan tersebut.

“Kami dukung sepenuhnya kegiatan ini dan semoga banyak manfaat yang bisa dirasakan setelah kegiatan ini selesai,”paparnya. (al)

Share :

Baca Juga

Seruyan

Pemkab Seruyan Jalin MoU Dengan STAKN Palangka Raya

Seruyan

Tersangka Pemerkosa Istri Tetangga Terancam Hukuman 12 Tahun Penjara

Seruyan

Cabuli Bocah Laki-laki, Mantan Guru Diancam 15 Tahun Penjara

Seruyan

Rekanan Diminta Selesaikan Pekerjaan Tepat Waktu

Seruyan

Kapolres Sebut 90 Persen Karhutla Terindikasi Ulah Manusia

Seruyan

Tinjau Jembatan Ambruk, Bupati dan Kementerian PU Sepakat Bangun Jembatan Darurat

Seruyan

Dewan Harapkan Dana CSR PBS Bisa Tepat Sasaran

DPRD Seruyan

Dewan Imbau Instansi Terkait Sosialisasikan Pencaker Seruyan