Home / Seruyan

Kamis, 18 Oktober 2018 - 21:39 WIB

Cegah Stunting Anak, Dinkes Seruyan Gelar Lomba Balita Sehat

KUALA PEMBUANG, KaltengEkspres.com-Dalam rangka mencegah stunting (Pendek) pada anak, Dinas Kesehatan (Dinkes) Seruyan menggelar lomba balita sehat di Gedung Serba Guna Kuala Pembuang, Kamis (18/10).

“Stunting adalah kondisi dimana anak mengalami gangguan pertumbuhan sehingga menyebabkan ia lebih pendek ketimbang teman-teman seusianya. Kondisi ini masih banyak para orang tua yang belum memahami bahwa anak pendek adalah tanda bahwa ada gangguan pertumbuhan pada anak tersebut,” kata Kepala Dinkes Kabupaten Seruyan Mahdiniansyah di Kuala Pembuang, Kamis (18/10).

Ia mengatakan, kegiatan lomba balita sehat Indonesia ini sangat penting, terutama untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan anak, terutama untuk memberikan pengetahuan dan pemahan kepada orang tua betapa pentingnya untuk memperhatikan pola makan dan gizi anak.

“Fokus utama kita memang adalah untuk mencegah stunting pada anak, jadi memang langkah kita salah satunya adalah dengan agenda ini, kemudian kami juga mengimbau kepada posyandu dan puskesmas yang ada di setiap Kecamatan dan desa agar bisa memberikan penyuluhan kepada masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga :  Kenalkan Sistem Pembangunan, Bupati Bakal Gelar Dialog Terbuka

Oleh karena itu, ia mengimbau kepada seluruh orang tua agar bisa memperhatikan pola makan secara berkesinambungan, mulai dari hamil sampai dengan seterusnya, supaya status Stunting pada anak itu tidak terjadi.

Baca Juga :  Wabup Seruyan Apresiasi Diskusi Online Bersama Bawaslu

“Bukan hanya pertumbuhan saja yang terganggu, tapi tingkat kecerdasan anak juga bisa berpengaruh, di Seruyan ini sudah ada beberapa kasus anak yang mengalami stunting dan kita terus upayakan untuk melakukan evaluasi dan penanganan,” ujarnya.

Sementara itu terpisah Asisten 3 Administrasi Umum Setda Seruyan Agus Suharto mengatakan, bahwa Pemkab Seruyan sangat mendukung kegiatan tersebut.

“Kami dukung sepenuhnya kegiatan ini dan semoga banyak manfaat yang bisa dirasakan setelah kegiatan ini selesai,”paparnya. (al)

Share :

Baca Juga

Seruyan

Antisipasi Covid-19, Pemkab Seruyan Perketat Seluruh Pintu Masuk

Seruyan

ODP Seruyan Meningkat 31 Orang, Sementara PDP 1 Orang

Seruyan

Polres Seruyan Peringati Hari Kesadaran Nasional

Seruyan

Dewan Ajak Masyarakat Perangi Kampanye Hitam

Seruyan

Wabup Kunker ke Kecamatan Danau Sembuluh

Seruyan

Gubernur Kalteng Serahkan Bantuan Sosial Terdampak Covid-19 di Seruyan

Seruyan

Bupati Seruyan Bersama Istri Ikut Rapid Test, Begini Hasilnya

Seruyan

Karyawan Sawit Tewas Gantung Diri di Kamar Mandi