Connect with us

Kobar

Puluhan Napi Bebas Bersyarat Diberi Pelatihan Budidaya Ikan

Bupati Kobar Hj Nurhidayah saat melepas bibit ikan patin di kolam ikan Bapas Selasa (30/10).

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Pangkalan Bun memberikan pelatihan budidaya ikan kepada puluhan narapidana (napi) bebas bersyarat, Selasa (30/10). Pelatihan keterampilan kerja ini sebagai bentuk pembinaan kepada para napi.

Kegiatan ini dihadiri langsung Bupati Kobar Hj Nurhidyah. Secara simbolis bupati menebar benih ikan patin di kolam pemeliharaan milik Bapas. Didampingi Kepala Bapas Kelas II Pangkalan Bun Husni Thamrin, Kalapas Pangkalan Bun Kusnan, Bupati memberikan apresiasi.

“Kerja sama antara Bapas Kelas II Pangkalan Bun dan Diskanla Kobar tentunya sangat bermanfaat untuk membina masyarakat. Terlebih salah satu fokus pembangunan kita adalah pengembangan pertanian dalam arti luas yang salah satunya adalah pengembangan budidaya perikanan,”ungkap Bupati.

Ia mengatakan, kegiatan ini diharapkan bisa mengubah kesan dan pandangan masyarakat terhadap Lapas dan Bapas. Karena dua tempat itu kesannya adalah tempat menghukum para kriminal. Hanya saat ini kesan tersebut mulai diubah menjadi hal yang positif, yaitu tempat pembinaan mental, spiritual, dan keterampilan bagi sebagian masyarakat yang sempat salah arah.

“Karena pembudidayaan ikan keramba ini juga bisa menjadi nilai tambah ekonomis bagi klien Bapas dan mendukung operasional Bapas. Untuk itu, Pemkab Kobar berkomitmen membantu pembinaan tersebut. Bahkan saya meminta Kepala Diskanla Kobar untuk terus memantau perkembangan ikan yang dipelihara hingga panen,”ujarnya. (aro)

loading...
Advertisement
loading...
Advertisement