Connect with us

Seruyan

Wow…Warga Seruyan Tangkap Buaya Berukuran 2,5 Meter

Seekor buaya berukuran 2,5 meter saat ditangkap warga Sabtu (20/10).

KUALA PEMBUANG, KaltengEkspres.com – Warga Desa Kartika Bhakti Kecamatan Seruyan Hilir Timur dihebohkan dengan kemunculan seekor buaya di kawasan pemukiman warga.

“Kemunculan buaya ini diketahui malam sekitar pukul 18.30 WIB. Saat pembeli diwarung, setelah itu dia pulang dan tiba-tiba saja dia kembali lagi memberitahu kalau ada buaya di jalan pedesaan kami. Saya kira cuman becanda tapi setelah kami cek beramai-ramai ternyata benar,” kata Taufik salah satu warga Desa Kartika Bhakti di Kuala Pembuang, Sabtu (20/10).

Ia mengatakan, kemunculan buaya ini kejadian pertama kali dan tentu saja cukup membuat kaget warga sekitar. Bahkan, buaya muara tersebut sempat terdiam di jalan dan setelah beberapa waktu buaya tersebut turun ke sungai yang ada disekitar lokasi.

“Buaya tersebut panjangnya sekitar 2,5 meter an, setelah kita rundingkan dengan warga lainnya akhirnya kita putuskan untuk menangkap buaya tersebut dengan peralatan seadaanya yaitu dengan menggunakan tali tambang yang dibuat melingkar pada sebuah kayu,” katanya.

Setelah itu lanjut dia, buaya tersebut diikat pada tali yang melingkar, kemudian warga beramai-ramai langsung menariknya dari dalam air. Ketika berada didaratan mata buaya tersebut ditutup menggunakan baju yang digunakan oleh warga.

“Saat ditangkap buaya tersebut tidak melakukan perlawanan, cukup jinak sebenarnya buaya tersebut, hanya setelah terikat saja buaya tersebut mulai berontak namun setelah matanya ditutup dengan baju buaya itu tenang lagi,”ujarnya.

Terpisah Kepala Desa Kartika Bhakti Usni mengatakan, setelah penangkapan buaya tersebut berhasil dilakukan pihak warga langsung menghubungi petugas polisi kehutanan yang ada di Kuala Pembuang.

“Setelah beberapa jam sejak kami hubungi, petugas berwajib yang langsung datang dan membawa buaya tersebut, kalau setahu kami buaya tersebut akan dibawa ke lokasi penangkaran,”paparnya.

Pemerintah Desa sendiri tambah dia, mengharapkan agar instansi terkait yang menangani masalah ini dapat segera menindaklanjutinya, termasuk dengan melakukan sosialisasi kepada warga demi memberikan pengetahuan tentang penanganan hewan yang dilindungi.

“Kami juga mengimbau kepada warga agar selalu waspada, karena kita juga tidak tahu apakah buaya lainnya masih ada atau tidak,”pungkasnya. (al)

loading...
Advertisement
loading...
Advertisement