Connect with us

Kobar

Bupati Serahkan Bantuan Alsintan Bagi Poktan

Bupati Kobar Hj Nurhidayah saat menyerahkan secara simbolis bantuan alsintan kepada perwakilan petani di halaman Kantor Dinas TPHP Kobar Selasa (16/10).

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) mendapat bantuan alat mesin pertanian (alsintan) dari Kementerian Pertanian melalui dana APBN 2018.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Kobar Hj Nurhidayah kepada perwakilan kelompok tani (poktan) di enam kecamatan, di halaman Kantor Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Kobar, Selasa (16/10/2018).

Bupati mengatakan, bantuan dari Kementerian Pertanian RI yang diserahkan ini terdiri-dari 10 mesin pompa air, 11 hand tracktor, dan satu traktor mini. Ia berharap bantuan tersebut bisa memotivasi para petani yang ada di Kobar agar lebih bersemangat dalam bertani.

“Saya berpesan kepada para petani agar merawat bantuan ini dan dipergunakan semaksimal mungkin, supaya hasil pertanian bisa lebih banyak. Kemudian jika di lapangan mengalami kendala dalam penggunaannya, kita sudah berkoordinasi kepada pabrik pembuatnya untuk dilakukan pendampingan,”ujar Nurhidayah.

Sementara itu, Kepala Dinas TPHP Kobar Kamaluddin mengatakan, bantuan ini dibagikan kepada kelompok tani di beberapa kecamatan yang ada di Kobar. Yakni di Kecamatan Arut Selatan, Pangkalan Lada, Pangkalan Banteng, Kumai, Arut Utara dan Kotawaringin Lama.

“Harapanya dengan adanya bantuan ini bisa bermanfaat bagi para petani. Terutama dalam menghadapi musim kemarau dan kita berharap bisa bercocok tanam tanpa membakar lahan, karena bisa terjadi karhutla. Setidaknya dengan bantuan traktor ini bisa mempermudah petani membuka lahan baru,”ungkap Kamaluddin kepada awak media Selasa (16/10).

Pada kesempatan itu ia juga berpesan kepada para poktan agar merawat alsintan ini dan dimanfaatkan dengan baik. “Tolong alat ini dijaga dan dirawat agar bisa dipinjamkan kepada kelompok tani yang belum mendapatkan bantuan,”paparnya.(sro)

loading...
Advertisement