Connect with us

Kobar

Ratusan Wisma Yacht Wonderful Sail Kunjungi Kobar

Sejumlah wisma saat mengunjungi Rumah Betang Pasir Panjang Senin (8/10).

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com Sedikitnya 150 orang wisatawan mancanegara (wisma) peserta Yacht Wonderful Sail to Indonesia 2018, tiba dermaga Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP), Kecamatan Kumai Kabupaten Kobar, Senin (8/10/2018).

Kedatangan wisatawan ini disambut langsung Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Hj, Nurhidayah bersama sejumlah pejabat baik dari Kementrian Perhubungan (Kemenhub) RI dan Provinsi Kalteng serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kobar. Peserta yang berasal dari berbagai negara di dunia ini rencananya berwisata selama empat hari yakni sejak 8-11 Oktober 2018 mendatang.

Bupati Hj Nurhidayah mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kobar sangat menyambut baik kedatangan wisma ini. Menurut dia, kegiatan ini luar biasa dan ini menunjukan budaya Kobar sudah diakui dunia khususnya objek wisata Taman Tanjung Puting TNTP yang terkenal dengan Orangutannya.

“Kami sungguh berkesan dan menyambut baik peserta Wonderful Sail yang berkunjung ke Kobar. Ini sekaligus memperkenalkan potensi wisata Kobar, salah satunya TNTP yang merupakan habitat orangutan terbesar di dunia,”ungkap Nurhidayah kepada awak media Senin (8/10).

Nurhidayah menilai, dengan adanya kunjungan wisata dari peserta ini, setidaknya bisa mengenalkan budaya lokal yang dimiliki Kobar. Salah satunya seperti Rumah Betang Pasir Panjang. Disamping itu juga hasil olahan atau kerajinannya.

“Intinya Wonderful Sail to Indonesia ini bisa menjadi ajang mempromosikan wisata yang jarang dikenal dan memiliki akses yang terbatas. Potensi kedepan Pangkalan Bun menjadi Bali ke sebelas benar-benar terealisasi,”paparnya.

Pada kesempatan itu, mewakili Pemkab Kobar dirinya berterima kasih kepada pemerintah pusat dalam hal ini Kemenpar RI yang telah memasukkan agenda kunjungan rayusan yach ini ke Kobar.

“Kobar ini tidak kalah dengan potensi wisatanya. Kita memiliki wisata budaya dan juga wisata religi. Diantarabya Rumah Betang, Istana Mangkubumi, Istana Kuning dan Astana Alnursari Kolam. Semua objek wisata itu harus dikenalkan ke penjuru dunia,”tandasnya.

Sementara dalam kegiatan ini, para peserta Wonderful Sail to Indonesia 2018 selain mengunjungi Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP), Rumah Betang Desa Pasir Panjang.

Rencananya juga akan mengunjungi Istana Pangeran Mangkubumi, Pemandian Putri Tujuh, Tepian Sungai Arut, Wisata Susur Sungai, melihat tempat pembuatan Kapal Pinisi dan juga tenggelamnya matahari di tepi Sungai Arut, serta akan dijamu makan malam di Istana Kuning. (sro)

loading...
Advertisement
loading...
Advertisement