Connect with us

Metro Palangka Raya

Mantap..Kalteng Expo Tumbuhkan Perputaran Uang Capai Rp 4,3 Miliar

Pj Sekda Fahrizal Fitri saat menutup Kalteng Trade Expo Rabu (3/10) malam.

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com -Kalteng Trade Expo 2018 resmi ditutup oleh Pejabat (Pj) Sekda Provinsi Kalteng Fahrizal Fitri selaku mewakili Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran Rabu (3/10) malam. Dalam penutupan ini diumumkan meraih stand terbaik dari Dinkes, kedua Dinas ESDM dan ketiga Dinas PUPR Kota Palangka Raya.

Lebih pantastis lagi, selama kegiatan event ini berlangsung, perputaran uang atau nilai transaksi lima hari digelarnya Kalteng Trade Expo mampu menghasilkan sebanyak Rp 4,3 miliar. Ini diketahui dari hasil perhitungan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kalteng selaku penyelenggara.

Pj Sekda Fahrizal Fitri mengatakan, kendati pelaksanaan Kalteng Trade Expo mengalami peningkatan, baik dari sisi pengunjung dan perputaran uang. Masih ada beberapa hal yang harus diperbaiki, salah satunya soal keterlebatan berbagai pihak dalam memeriahkannya.

“Kalteng Trade Expo ini masih sangat terbatas peminatnya, hal ini tentu menjadi tantangan tersediri ke depannya untuk melibatkan para eksportir Kalteng mengambil bagian dalam pelaksanaannya,” ucapnya.

Kedepan, lanjut dia, Pemprov Kalteng mengharapkan keterlibatan kabupaten dan kota terlihat pada tahun depan. Sebab, mempromosikan potensi daerah sangat perlu diupayakan pemerintah setempat melalui berbagai kegaitan.

”Saya acungi jempol potensinya sudah bagus, tinggal promosi saja yang diperkuat dan yakin lebih baik,”ujarnya.

Sementara itu, Kepala Disdagperin M Hatta menyebutkan, pencapaian tahun ini meningkat cukup signifikan kurang lebih 43 persen dari pelaksanaan Kalteng Trade Expo pada tahun pertama. Bahkan angka Rp 4,3 miliar itu tidak termasuk transaksi yang terjadi di pasar rakyat yang ikut memeriahkan event tahunan ini.

Demikian juga tambahnya, kalau dari sisi kunjungan juga luar biasa, per hari bisa mencapai 4 ribu, terutama pada sore dan malam hari. Dibandingkan tahun lalu, yang tahun ini terjadi banyak peningkatan, baik dari segi kunjungan dan transaksi.

“Evaluasi kearah yang lebih baik, menginigat event Kalteng Trade Expo ini adalah agenda tahunan. Pembenahan akan terus diupayakan guna peningkatan dari semua sisi seperti tahun ini bisa terjadi lagi pada tahun selanjutnya,”papar M Hatta.(dr)

loading...
Advertisement
loading...
Advertisement