Connect with us

Metro Palangka Raya

Polisi Tangkap Tiga Pelaku Pembakar Hutan dan Lahan

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com  Tiga orang warga bernama Pandung (30), Dodi (25) dan Pino (21) ditangkap polisi. Mereka ditangkap lantaran kedapatan membakar hutan dan lahan di Jalan Tjilik Riwut Kilometer 42, Tangkiling, Senin (1/10).

Pengakuan pelaku, mereka membakar lahan karena diupah oleh pemilik lahan sebesar Rp 1,5 juta. Dari lokasi kejadian, polisi mengamankan dua korek api, arang, dan ranting kering sisa pembakaran yang kini telah diamankan di Mapolres Palangka Raya.

Ketiganya dikenakan pasal 178 ayat 1 KUHP jo pasal 108 UU RI nomor 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara dan denda miliaran rupiah.

“Pelaku ini memang sengaja membakar lahan hingga 1 hektar.Ketika itu ketiganya membakar lahan kemudian merembet ke hutan di sekitar TKP, kurang lebih satu hektar,” ujar Kapolres Palangka Raya AKBP Timbul RK Siregar didampingi Wakapolres Kompol Rofik, Kabag Ops Kompol Purwanto dan Kasat Reskrim AKP Hermal Subarkah Selasa (2/10).

Sementara itu, Dodi mengakui bahwa membakar lahan karena ingin pekerjaannya cepat selesai dan lahan cepat bersih. “Kami tidak tahu ada sanksi pidana membakar lahan karena kami hanya diupah Rp 1,5 juta untuk membersihkannya,”ungkapnya.(dr)

loading...
Advertisement
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement