Connect with us

Kapuas

Berbahaya..Kebakaran Lahan di PT KLM Makin Meluas

Petugas gabungan saat berupaya melakukan pemadaman api di lahan milik PT KLM, Jumat (14/9).

KUALA KAPUAS, KaltengEkspres.comPosko Siaga Darurat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Kabupaten Kapuas terus melakukan upaya pemadaman di tiga kecamatan. Salah satunya di wilayah PT Kalimantan Lestari Mandiri (KLM) Kecamatan Mantangai.

Berdasarkan informasi yang dihimpun KaltengEkspres.com, upaya pemadaman Karhutla di Kecamatan Mantangai oleh Satgas Darat di Desa Mantangai Hulu dan Desa Kalumpang pada (14/09), yang menambah catatan luas kebakaran yang terjadi di lokasi PT KLM.

Sebelumnya diketahui kebakaran di lokasi perusahaan perkebunan sawit tersebut mencapai 511 hekatre (Ha) saja, tetapi saat bertambah lagi 200 Ha dititik baru, sehingga total ini diperkirakan kebakaran di kawasan perusahaan setempat mencapai 711 Ha.

Saat dikonfirmasi luas kebakaran yang baru terjadi di wilayah Kecamatan Mantangai, BPPBD Kapuas menyatakan sekitar 250 Ha, yakni 200 Ha di lahan PTKLM dan 50 Ha lahan masyarakat. Sementara itu pemadaman di lokasi PT KLM terus dilakukan pada (14/9) sejak pukul 09.00-17.00 WIB, namun kondisi api belum padam dan masih terjadi hingga Sabtu (15/9) siang.

“Kebakaran masih terjadi, ini saya masih di TKP,” ujar Kapolsek Mantangai, AKP Kristanto Situmeang SIK via telepon seluler pada Sabtu (19/9) sekitar pukul 12.30 WIB.

Sementara itu di beberapa kecamatan lain juga masih berlangsung, seperti di Kecamatan Dadahup, pemadaman terus dilakukan jalur darat di Desa Tanjung Harapan B3 dengan luas terbakar sekitar 55 Ha.

Bahkan, api di daerah ini mendekati pemukiman warga yang kemudian berhasil diamankan oleh personel gabungan. Kendati kebakaran tetap terjadi di beberapa titik lainnya.

Begitu juga di Kecamatan Kapuas Murung di Desa Sumber Mulya C4 dengan luas kebakaran 30 Ha, dan kebakaran juga mendekati pemukiman di Desa Sumber Mulya, pemadaman di Desa C4 sejak (14/9) pukul 13.00 sampai saat ini belum padam.

“Tadi pagi sampai dengan siang ini masih di C4, sebentar lagi tim kembali ke Posko,” kata Kepala BPBD Kapuas, Panahatan Sinaga lewat seluler, Sabtu (15/9) siang.

Selain itu, pemadaman Karhutla di Kecamatan Kapuas Timur juga telah dilakukan pada (14/9), namun saat ini sudah berhasil dikendalikan. Lokasi api di Desa Anjir Serapat Baru dengan luas lahan terbakar sekitar 1 Ha berhasil dipadamkan pada Jumat (14/9) sekitar pukul 18.16 WIB.

Bertambahnya kejadian kebakaran di kawasan PT KLM ini membuat sejumlah pihak mendorong kepolisian untuk melakukan penyelidikan terkait apakah ada unsur kesengajaan dari pihak perusahaan atau malah sebaliknya kejadian tak terduga. (so)

loading...
Advertisement
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement