Tim Karhutla Tanggulangi Kebakaran Lahan di Ruas Jalan Buntok-Sanggu

BUNTOK, KaltengEkspres.com Tim terpadu penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Kabupaten Barito Selatan (Barsel), terdiri-dari Kodim 1012 Buntok, Polisi Sektor (Polsek) Dusun Selatan (Dusel), dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Barsel, kembali melakukan pemadaman kebakaran lahan yang terjadi di ruas Jalan Buntok- Sanggu atau tepatnya disekitar Danau Malawen Desa Pamait, Rabu (15/8).

Upaya penanggulangan ini dipimpin langsung Pasi Ops Kodim 1012 Buntok Kapten Infantri Dadang S, Kapolsek Dusel Ipda Abi Karsa dan tim lainnya.

“Peristiwa kebakaran lahan di lokasi ini sekitar pukul 14.00 WIB. Upaya pemadaman yang kita lakukan sempat terkendala keterbatasan personel dan peralatan, karena lokasi kebakaran berada di kawasan semak belukar. Sehingga memerlukan waktu tiga jam yakni sekitar 17.00 WIB, api baru bisa kita jinakan,” kata Pasi Ops Kodim 1012 Buntok Kapten Infantri Dadang S. kepada Kalteng Ekspres.com  Rabu (15/8/2018).

Ia menjelaskan, akibat kejadian tersebut lahan yang terbakar seluas sekitar 1.05 hektar dan belum diketahui pemiliknya.

“Tindakan yang telah kita lakukan, selain memadamkan api juga lidik lanjut untuk mengetahui asal serta penyebab terjadinya kebakaran lahan/hutan tersebut,”ujarnya.

Dadang menambahkan, ke depan pihaknya akan terus melakukan sosialisasi agar masyarakat bida lebih sadar bahaya karhutla.

“Kita yakin karhutla yang terus terjadi setiap tahun didaerah ini bisa diminimalisir,  apalagi kita ketahui bersama bagi pelaku pembakaran hutan dan lahan dapat dijerat pasal berlapis yang ancaman hukumannya diatas 5 tahun dan denda miliaran rupiah,”tandasnya. (rif) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here