Home / Barito

Kamis, 16 Agustus 2018 - 07:45 WIB

Tim Karhutla Tanggulangi Kebakaran Lahan di Ruas Jalan Buntok-Sanggu

BUNTOK, KaltengEkspres.com Tim terpadu penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Kabupaten Barito Selatan (Barsel), terdiri-dari Kodim 1012 Buntok, Polisi Sektor (Polsek) Dusun Selatan (Dusel), dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Barsel, kembali melakukan pemadaman kebakaran lahan yang terjadi di ruas Jalan Buntok- Sanggu atau tepatnya disekitar Danau Malawen Desa Pamait, Rabu (15/8).

Upaya penanggulangan ini dipimpin langsung Pasi Ops Kodim 1012 Buntok Kapten Infantri Dadang S, Kapolsek Dusel Ipda Abi Karsa dan tim lainnya.

“Peristiwa kebakaran lahan di lokasi ini sekitar pukul 14.00 WIB. Upaya pemadaman yang kita lakukan sempat terkendala keterbatasan personel dan peralatan, karena lokasi kebakaran berada di kawasan semak belukar. Sehingga memerlukan waktu tiga jam yakni sekitar 17.00 WIB, api baru bisa kita jinakan,” kata Pasi Ops Kodim 1012 Buntok Kapten Infantri Dadang S. kepada Kalteng Ekspres.com  Rabu (15/8/2018).

Ia menjelaskan, akibat kejadian tersebut lahan yang terbakar seluas sekitar 1.05 hektar dan belum diketahui pemiliknya.

“Tindakan yang telah kita lakukan, selain memadamkan api juga lidik lanjut untuk mengetahui asal serta penyebab terjadinya kebakaran lahan/hutan tersebut,”ujarnya.

Dadang menambahkan, ke depan pihaknya akan terus melakukan sosialisasi agar masyarakat bida lebih sadar bahaya karhutla.

“Kita yakin karhutla yang terus terjadi setiap tahun didaerah ini bisa diminimalisir,  apalagi kita ketahui bersama bagi pelaku pembakaran hutan dan lahan dapat dijerat pasal berlapis yang ancaman hukumannya diatas 5 tahun dan denda miliaran rupiah,”tandasnya. (rif) 

Share :

Baca Juga

Barito

Dua Pegawai Dinkes Bartim Diduga di OTT Tim Saber Pungli, Plt Bupati Bakal Usut Kasus

Barito

Polsek Dusel Ringkus Bandar Kupu

Barito

Mantap! Polres Bartim Bekuk Pelaku Curat, Pencabulan dan Penggelapan BBM

Barito

Polsek Dusun Hilir Nobar Film Surga Kecil di Bondowoso

Barito

Adi Mula Nakalelo Nahkodai KNPI Bartim Periode 2020 – 2023

Barito

Cek Kesiapan Hadapi New Normal, Waka Polda Kalteng Sambangi Polres Barsel

Barito

Korban Pembakaran Anaknya di Purca Mulai Pulih

Barito

Simpan 4 Paket Sabu, Ketua BPD Desa Muara Palantau Dibekuk Polisi
error: Content is protected !!