Motori Penguatan Aksi Germas, Dinkes Galang Komitmen SOPD Kobar

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.comDinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), menggalang komitmen seluruh Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) dilingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kobar dan dan tokoh Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka serta kepemudaan untuk melaksanakan aksi Germas dalam mewujudkan Kobar Sehat di Kabupaten Kobar.

Penggalangan komitmen ini dilakukan saat diadakannya Rapat Koordinasi Tim Pembina Germas dalam Rangka Penguatan Implementasi Intruksi Presiden No 1 Tahun 2017, di Aula Kerja Bupati Kobar, Jumat (3/8). Kegiatan ini dihadiri Asisten II Bidang Pemerintahan Setda Kobar Encep Hidayat.

Encep mengatakan, dirinya mendorong agar Germas ini disinergikan dengan upaya gerakan lainnya, dalam mempercepat pencapaian visi dan misi Pemkab Kobar. Salah satunya yakni misi tentang meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui pendidikan, kesehatan dan olahraga.

“Diharapkan ini dapat memperkuat makna raihan Adipura Kobar, sekaligus mencapai Kobar sehat,”ungkapnya saat menyampaikan sambutan bupati pada kegiatan rapat tersebut.

Sementara Kepala Dinkes Kobar Ratna Soeryandari mengatakan, wujud aksi Germas ini harus segera direalisasikan keseluruh masyarakat Kobar. Di mulai dari tingkat institusi dilingkup Pemkab Kobar, hingga organisasi sosial kemasyaratan, serta keluarga masing-masing.

“Dari hasil rapat dengan sejumlah SOPD terkait, disepakati bahwa Germas akan digerakkan oleh Bappeda sebagai steering sekaligus koordinator perencanaan pelaksanaan evaluasi dan pelaporan Germas. Sedangkan Dinkes sebagai motor aksinya,”ungkap Ratna Soeryandari seusai rapat.

Senada juga disampaikan Sekrestaris Dinkes Kobar Achmad Rois. Menurut dia, komitmen untuk melakukan aksi Germas di Kobar ini telah mendapat apresiasi dari Dinkes Provinsi Kalteng. Untuk itu, seluruh pihak terlibat agar segera mendukung kegiatan tersebut dalam mewujudkan budaya sehat di tengah masyarakat Kobar.

Sedangkan Kabid Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Samsudin menjelaskan, bahwa untuk gencar mensosialisasikan Germas kepada masyarakat, pihaknya telah berkoordinasi dengn Diskominfo Kobar. Bahkan Kadis Kominfo Kobar siap membuka kanal website dalam rangka sosialisasi Germas serta memuat contoh gerakan senam peregangan yang akan diimplemntaaikan di seluruh tempat kerja khususnya pada pukul 10.00 WIB dan 14.00 WIB.

“Ini bentuk sebagai salah satu kegiatan esensial Germas di tempat kerja. Disamping itu Kadinkes Kobar juga telah mencanangkan Zona Germas dilingkungan Kantor Dinkes Kobar, dan seluruh puakesmas, melalui Germas bersih sehat harus di jaga (Germas Bersahaja),”ujar Samsudin.

Sementara untuk implementaai Germas di Kobar lanjut dia, Bappeda akan menyiapkan Sekretariat Germas sebagai sekaligus memudahkan mengkoordinasikan kegiatan lintas SOPD, yang sekaligus untuk memenuhi fungsi inventarisir, pemantauan serta pelaporan kegiatan Germas.

“Pada kegiatan rapat itu juga diadakan penandatanganan komitmen terimplementasi kegiatan Germas di Kobar,”tandasnya. (hm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here