Gawat… Ada Proyek Siluman di Barsel 

BUNTOK,KaltengEkspres.com Sejumlah royek pemerintah yang dikerjakan ditahun 2018 diduga menjadi proyek siluman, karena dibeberapa proyek tersebut tidak terpasang papan nama informasi proyek saat melaksanakan kegiatan pekerjaan. 

“Kita sangat menyayangkan di keterbukaan saat ini masih ada proyek yang dikerjakan tanpa mengunakan papan nama dan hal itu diduga sebagai trik membohongi masyarakat agar tidak termonitoring besar anggaran dan sumber anggaran,” kata Sekretaris LSM LP3KRI Barsel Latip Kamarudin kepada KaltengEkspres.com Rabu (22/8).

Menurut dia, semestinya pihak pemerintah daerah melalui Instansi terkait memonitor dan menegur rekanan agar memasang papan informasi proyek saat pekerjaan di mulai.

“Pemasangan papan nama proyek merupakan implementasi azas transparansi, sehingga masyarakat dapat ikut serta dalam proses pengawas, sesui amanah Undang undang keterbukaan Informasi publik (KIP) No 14 tahun 2008 dan Perpres No 54 tahun 2010 dan No 70 tahun 2012 dimana mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai negara wajib memasang papan nama proyek, dimana memuat jenis kegiatan, lokasi proyek, nilai kontrak serta jangka waktu atau lama pekerjaan,” ujarnya.

Latif Kamarudin menjelaskan, beberapa proyek siluman yang dikerjakan namun tidak ada papan nama diantaranya satu proyek di Jalan Pelita Raya didepan kantor Bupati Buntok.

“Agar hal seperti ini tidak terulang dikemudian hari, selain pemerintah daerah  memberi teguran, aparat penegak hukumpun diharapkan menindak tegas kontraktor yang bekerja tidak sesuai perundang undangan tersebut,”paparnya. (rif).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here