Duh..Banyak Kendaraan Dinas Katingan Telat Bayar Pajak

KASONGAN, KaltengEkspres.com Kepala Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Kabupaten Katingan Roby menyebut, sebagian besar kendaraan dinas di Kabupaten Katingan telat dibayar pajaknya. Hal ini diungkapkannya saat menghadiri kegiatan rapat pimpinan tim evaluasi dan pengawasi realisasi anggaran (Tepra), di ruang rapat Bupati Katingan Senin (6/8).

Roby menjelaskan, informasi tersebut diketahui dirinya dari Unit Pelayanan Terpadu Badan (UPTB) atau Samsat Katingan. Pihak Samsat mengutarakan kepada dirinya, bahwa di Kabupaten Katingan terdapat kendaraan dinas milik Pemerintah Daerah (Pemda) Katingan yang telat membayar pajak.

Kendaraan dinas yang telat membayar pajak ini lanjut dia, kemungkinan kendaraan dinas yang sudah tidak di fungsikan sehingga tidak dibayar pajaknya.

“Karena ada banyak kendaraan dinas yang sudah tua seperti yang ada di aset daerah, karena pada lelang yang dilakukan sebelumnya tidak laku dan itu masih pelat dinas,”ujarnya.

Kendati demikian, pihaknya menunggu data dari Samsat untuk merincikan kendaraan mana saja yang terlambat membayar pajak.

“Kita berharap pihak Samsat untuk mendata kendaraan-kendaraan yang telat membayar pajak, dalam rangka untuk meningkatkan pendapatan daerah dari pemasukan pajak,”urainya.

Ia juga menyayangkan, jika nanti saat didata ada kendaraan dinas yang masih fungsional namun tidak dibayar pajaknya. Karena sebenarnya, untuk pajak kendaraan dinas ini sudah dianggarkan di Dokumen Pelaksaan Anggaran (DPA) masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan sudah dibawah pengawasan pengguna kendaraan.

“Jadi mereka harus bertanggung jawab untuk memelihara serta juga mengurus administrasi kendaraan seperti pajak kendaraan,”tandasnya. (Ejk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here