Ditinggal Kosong, Dapur Rumah Warga Kobar Terbakar Habis

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com Dapur rumah warga bernama Andi Udin Rasong yang terletak di RT 2 Desa Sungai Rangit Jaya Kecamatan Pangkalan Lada diamuk jago merah, Selasa (21/8/2018) malam, sekitar pukul 17.45 WIB. Api membakar habis bangunan terbuat dari kayu yang ditinggal kosong penghuninya tersebut.

Beruntung dalam kejadian ini rumah korban berhasil selamat dari amukan api. Diduga kuat kebakaran ini disebabkan oleh percikan api dari sisa tungku memasak ketupat yang ditaruh istri korban tidak jauh dari dapur rumah. 

Informasi yang dihimpun Kalteng Ekspres.com di lapangan menyebutkan, kejadian kebakaran ini berawal saat rumah ditinggal kosong pemiliknya. Yakni korban Udin Rasong sedang bekerja di PT SSS, sementara istrinya pergi ke Pasar Desa Sumber Agung untuk membeli baju anaknya.

Saat ditinggal kosong ini, sebelumnya istri korban sempat memasak ketupat di dapur rumah, kemudian api dari tungku untuk memasak ketupat tersebut telah dikeluarkannya dari dapur rumah dan ditaruh samping dapur rumah. Diduga, setelah ditinggal istri korban ini, sisa api yang berada ditungku ini menyala, sehingga melalap ke bagian dinding dapur rumah dan membakar dapur setempat.

Yahana Sari, warga setempat mengatakan, kejadian ini pertama kali diketahuinya saat sedang berada di depan rumah. Ia melihat api berkobar membakar dapur rumah korban. Selanjutnya ia berteriak meminta tolong tetangga.

“Saat itu di dapur rumah korban ini terdapat stok solar dan bensin yang digunakan untuk bahan bakar truk dan mobil milik korban. Kemungkinan karena api menyambar BBM ini menyebabkan cepat membesar,”ungkapnya saat memberikan keterangan kepada angota Polsek Pangkalan Lada.

Sementara itu Yuliana (42) istri korban mengakui, saat kejadian rumah ditinggal kosong, karena saat itu ia sedang pergi ke Pasar Desa Sumber Agung untuk membeli baju anaknya.

“Sebelum berangkat ke pasar saya memang sempat memasak ketupat didapur dengan menggunakan bahan kayu bakar setelah ketupat tersebut masak tungku sumber api tersebut sempat di tarik keluar namun belum sempat di matikan,”ujarnya Rabu (22/8).

Sementara itu Kapolsek Pangkalan Lada Iptu Waris Waluyo saat dimintai keterangan, membenarkan adanya kejadian tersebut. menurut dia, saat kejadian ini beruntung petugas Damkar Kobar cepat datang. Sehingga sekitar pukul 18.45 WIB, api berhasil dipadamkan menggunakan tiga unit mobil damkar.

“Kita telah melakukan penyelidikan dan olah TKP di lokasi kejadian. Diduga kuat penyebab kebakaran ini karena sisa-sisa api bekas memasak ketupat oleh istri korban yang ditinggal masih menyala menyebabkan api membesar dan melalap bangunan dapur,”ungkapnya Rabu (22/8). (hm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here