Home / Kotim

Kamis, 16 Agustus 2018 - 15:51 WIB

Cegah Karhutla, Dewan Dorong Pemkab Manfaatkan Lahan Terlantar

SAMPIT, KaltengEkspres.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kotim mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotim agar memprogramkan pemanfaatan lahan terlantar untuk meminimalkan potensi kebakaran lahan.

Hal ini disampaikan langsung Wakil Ketua DPRD Kotim H. Supriyadi MT. Ia mengungkapkan, salah satu penyebab sulitnya menangani kebakaran lahan karena luasnya lahan terlantar yang ada di daerah ini.

“Jika lahan terlantar yang ada tidak dimanfaatkan setiap kemarau ya lahan seperti inilah yang berpotensi terbakar,”ujarnya.

Untuk itu lanjut dia, pihaknya mendorong agar pemkab memprogramkan pemanfaatan lahan yang ada sehingga lahan itu terpelihara dan terjaga.

Selain itu pemanfaatan lahan menjadi kawasan pertanian dipastikan akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Sisihkan anggaran APBD untuk membangun lahan pertanian dari lahan terlantar, selain mengurangi resiko karhutla juga memiliki potensi ekonomi, manfaat ganda kita dapatkan,” tegas Supriyadi.

Saat ini komoditi pertanian yang paling memiliki nilai jual adalah jagung sehingga paling tepat untuk pemanfaatan lahan terlantar.

Ia juga mengimbau partisipasi semua pihak dalam pencegahan karhutla. “Saat ini karhutla sudah mulai marak dan itu menuntut kerja keras semua pihak,” katanya.

Selain memasang spanduk imbauan hingga ke tingkat desa, juga diminta semua pihak ikut serta dalam upaya pencegahan karhutla.

“Helikopter yang ada agar lebih luas cakupannya dalam upaya pemadaman karhan,”papar politisi Golkar tersebut. (FR)

Share :

Baca Juga

Kotim

Pilihan Lokasi TMMD Dinilai Sudah Tepat

Kotim

Pelaku Pencurian di Jalan Tidar 2 Dibekuk Polisi

Kotim

Warga Tangar Tebas Adik Ipar Hingga Tewas Bersimbah Darah

Kotim

Modus Berpakaian Gamis, Budak Sabu Kotim Dibekuk Polisi

Kotim

Personel Satgas TMMD ke-109 Cepat Akrab dengan Warga

Kotim

Pemotor Tewas Usai Menabrak Belakang Truk

Kotim

Danrem Serahkan Bantuan Kendaraan “Si Komos” untuk Kodim 1015 SampitĀ 

Kotim

Cegah Karhutla, Dandim Ajak Masyarakat Sosialisasi