Connect with us

Kapuas

Palingkau Lama Berkobar, 15 Rumah Hangus Terbakar

Api berkobar membakar habis bangunan rumah warga di Palingkau Lama Minggu (26/8) tadi malam.

KUALA KAPUAS, KaltengEkspres.com – Warga Kelurahan Palingkau Lama Kecamatan Kapuas Murung tiba-tiba panik keluar rumah. Kepanikan ini disebabkan kebakaran yang melanda pemukiman penduduk di RT 05, Minggu (26/8) sekitar pukul 23.00 WIB.

Api dengan cepat membakar beberapa buah rumah yang rata-rata terbuat dari kayu. Sehingga sedikitnya 15 rumah hangus terbakar dalam peristiwa tersebut.

Api diduga dari sebuah rumah yang dekat dengan masjid Jami Altaqwa. Warga sekitar melihat api bersumber dari bagian dapur.

“Api berasal dari salah satu rumah warga dekat masjid, tepatnya di bagian dapur. Sekitar 15 rumah yang kena, kalau masjid nga kena, karena temboknya tinggi,”ujar Ketua RT 5, Ibrani, Senin (27/8) dinihari.

Sementara itu, di lokasi kejadian kebakaran Plt Camat Kapuas Murung Dewi Priyatni mengatakan, seluruh unit pemadam kebakaran yang ada di kecamatan semua dikerahkan. Bahkan petugas damkar dari Kuala Kapuas juga turut membantu pemadaman, sehingga api tidak meluas.

“Tidak ada korban jiwa, tapi kurang lebih 15 rumah terbakar, pemadam 8 tosa dari Palingkau Lama dan Palingkau Baru dan dibantu pemadam Kapuas BPBD, Balakar 545, Tagana dan semua pemadam turun,” ujarnya didampingi Dandramil 1011-06 Palingkau, Kapten Inf Handoyo dan Anggota DPRD Kapuas Nordin.

Sementara itu, Kapolsek Kapuas Murung, Ipda Subandi menjelaskan, bahwa api sangat cepat menyebar lantaran semua terbuat dari kayu. Walaupun pemadaman dengan cepat dilakukan, tetap saja 15 rumah hangus.

“Kerugian materil belum terdata, korban jiwa tidak ada. Penyebab kebakaran asal api masih dalam penyelidikan,” tegasnya.(so)

loading...
Advertisement
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement