Home / Seruyan

Senin, 20 Agustus 2018 - 21:58 WIB

Pj Bupati Dorong Pelabuhan Segintung Dikelola Daerah

KUALA PEMBUANG, KaltengEkspres.com – Pejabat (Pj) Bupati Seruyan Muhammad Hatta mendorong Pelabuhan Samudera Teluk Segintung dikelola sepenuhnya oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Seruyan jika telah beroperasional.

“Lebih baik Pelabuhan Segintung dikelola daerah. Sayang kalau operasional Pelabuhan Segintung nanti dikelola pihak lain,”ungkapnya di Kuala Pembuang Senin (20/8/2018).

Hatta mengatakan, Pelabuhan Segintung hampir dipastikan segera dioperasikan, tinggal menunggu penyelesaian akses jalan dari Kuala Pembuang menuju pelabuhan, serta beberapa persyaratan lain seperti Rencana Induk Pelabuhan yang masih berproses di Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Untuk itu lanjut Hatta, Dari pengoperasian pelabuhan itu, Pemkab Seruyan dapat memperoleh pemasukan berupa pendapatan asli daerah (PAD) melalui badan usaha pelabuhan (BUP).

Baca Juga :  Pemkab Seruyan Raih 3 Piagam Penghargaan Kemenpan RI

“Pelabuhan Segintung ini sangat potensial sekali, jadi tinggal nanti bagaimana pemerintah daerah saja yang mengelola, salah satu caranya melalui BUMD,”ujarnya.

Hatta yang pernah menjabat Kepala Dinas Perhubungan Kalteng ini menambahkan, selain menyiapkan badan usaha, Pemkab Seruyan juga harus secepatnya menyelesaikan ruas jalan Kuala Pembuang menuju Pelabuhan Segintung.

“Harapan kami tahun 2019 jalan menuju Pelabuham Segintung sudah selesai sehingga dapat segera dioperasionalkan,” katanya di Kuala Pembuang.

Pada 2018 ini pemerintah pusat telah membantu pembangunan jalan Kuala Pembuang menuju Pelabuhan Segintung sepanjang 10 kilometer dari panjang jalan 21 kilometer. “Jadi masih tersisa 11 kilometer, dan ini nanti bisa diselesaikan oleh daerah,”paparnya.

Baca Juga :  Bobol Sarang Walet, Dua Pemuda Seruyan Diringkus Polisi

Menurutnya, Pelabuhan Segintung yang telah menghabiskan anggaran pembangunan ratusan miliar bakal menjadi aset potensial dan memiliki peran penting dalam dunia investasi serta mendorong pengembangan perekonomian di Kalteng, khususnya di Seruyan.

Sesuai dengan rencana, Pelabuhan Segintung yang berada di Kecamatan Seruyan Hilir akan dikembangkan menjadi kawasan industri dan kawasan strategis lainnya di Kalteng.

Pelabuhan Segintung dengan letaknya yang strategis langsung mengarah ke Laut Jawa serta memiliki keunggulan jarak pelayarannya terdekat ke Pulau Jawa dapat mendorong keluar masuk arus barang di Kalteng menjadi lebih cepat.

“Itu tentunya akan memicu pertumbuhan serta perkembangan ekonomi di wilayah Kalteng khususnya untuk wilayah Seruyan,”tandasnya. (vs)

Share :

Baca Juga

Seruyan

Hari Keempat, Baru 35 Peserta Tes CPNS Lulus Passing Grade

Seruyan

Tak Miliki Kelengkapan Surat, Ratusan Pengendara di Seruyan Ditilang

Seruyan

Dewan Harapkan Dana CSR PBS Bisa Tepat Sasaran

Seruyan

Dewan Imbau Diskan Lestarikan Spesies Ikan Seruyan

Seruyan

Tiga Warga Kalang Tewas Usai Menghirup Gas Beracun

DPRD Seruyan

Dewan Imbau Warga Jaga Kebersihan Lingkungan

Seruyan

Tinjau Jembatan Ambruk, Bupati dan Kementerian PU Sepakat Bangun Jembatan Darurat

Seruyan

Dewan Imbau Pendukung Paslon Tertib Saat Menyaksikan Debat Kandidat