Connect with us

Kapuas

Mantap..Kecamatan Bataguh Gelar Upacara HUT RI Bergiliran di Desa-Desa

Camat Bataguh Budi Kurniawan saat menjadi inspektor upacara di Desa Terusa Karya, Jumat (17/8) pagi.

KUALA KAPUAS, KaltengEkspres.com Pemerintah Kecamatan Bataguh bersama unsur tripika kompak bersama masyarakat Desa Terusan melaksanakan upacara peringatan HUT RI ke-73 di lupangan Terusan Karya, Jumat (17/8). Hal ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan secara bergantian di desa-desa yang ada di daerah setempat.

Camat Bataguh Budi Kurniawan mengatakan, setiap tahun Pemerintah Kecamatan Bataguh melaksanakan peringatan Hut RI secara bergiliran dari setiap desa ke desa. Sehingga menumbuhkan rasa kebersamaan dalam bingkai NKRI dan menyukuri kemerdekaan Negara Republik Indonesia ke-78 tahun.

“Setiap tahun pemerintah Kecamatan Bataguh melaksanakan upacara 17 Agustus secara berhantian desa, dan tahun 2018 ini dilaksanakan di Desa Terusan Karya,”ujar Camat Bataguh Budi Kurniawan, Jumat sore.

Budi sapaan karib camat Bataguh ini menyebutkan, pada tahun 2017, kegiatan upacara Hut RI ke 72 berlangsung di Kelurahan Kupang dan tahun 2019 nanti direncankan di Desa Bangun Harjo.“Kegiatan ini dilaksanakan secara bergiliran karenan letak geografis Kecamatan Bataguh bergitu luas,” kata Budi.

Di Kecamatan Bataguh, dalam memeriahkan HUT Kemerdekaan RI, sebelumnya dilaksnakan lomba olahraga seperti sepak bola dan bola volly dan didirikan stand PKK yang menjual produk olahan makanan yang higenis serta kerajinan olahan tangan.

Budi menambahkan, tujuan dari kegiatan ini roling ini, agar masyarakat dapat merasakan gelora rasa nasionalisme dan rasa cinta tanah air yang dibangun dan bertumbuh di masyarakat. Salah satu upaya agat masyarakat dapat merasakan suasana peringatan Hut RI, sehingga setiap Desa bisa menjadi tuan rumah pelaksanaan peringatan HUT RI setiap tahunnya.

“Kita ingin membangkitkan rasa nasionalisme dan rasa cinta tanah air bagi masyarakat yang mulai bergeser dan berkurang akibat perkembangan zaman,”tandasnya, serta menambahkan bahwa kegiatan ditutup dengan pertunjukan seni kuda lumping serta artraksi bela diri pencak silat, salah satu kegiatan positif bagi genarasi muda di Desa Terusan Tengah.

Sementara pada kegiatan itu, selain Camat Bataguh Budi Kurniawan, juga hadir Danramil 04 Kota Kapten Arh Abdul Rahman, Wakapolsek Selat IPTU Dalino, Kepala KUA, Kepala UPTD Dinas Pendidikan.

Hadir juga Kapala Desa dari Terusan Karya, Terusan Mulya,Terusan Makmur, Budi Mufakat, Bamban, Lurah Pulau Kupang, Baguntan,Terusan Raya Hulu, juga Lurah Pulau Kupanh, perwakilan Puskesmas, dan damang kepala adat kecamatan Bataguh.(so)

loading...
Advertisement
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement