Connect with us

Katingan

HUT Pramuka, Kwarcab Katingan Gelar KBP Tingkat Kabupaten

Sekda Nikodemus bersama unsur FKPD Katingan saat membuka kegiatan KBP Selasa (14/8)

KASONGAN, KaltengEkspres.com – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Gerakan Pramuka ke 57, Kwartir Cabang (Kwarcab) 1508 Pramuka Katingan, menggelar upacara Kemah Besar Pramuka (KBP) Se Kabupaten Katingan di halaman Sekretariat Kwarcab setempat Selasa (14/8/2018).

Kegiatan kemah besar ini dibuka langsung Sekda Katingan Nikodemus. Hadir juga dalam kemah tersebut, Ketua DPRD Katingan Ignatius Mantir Ledie Nussa, Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalteng, Ir Sipet Hermanto‎, serta para tamu undangan.

Nikodemus mengatakan, dirinya berharap kepada seluruh jajaran pramuka utamanya anggota dewasa baik sebagai majelis pembimbing, andalan, pelatih, pembina, pamong saka maupun instruktur, agar merapatkan barisan untuk bekerjasama secara sinergis guna mempercepat mewujudkan kaum muda Indonesia secara khusus di Kabupaten Katingan.

Sehingga bisa memiliki berkepribadian luhur, berkarakter, berwatak, handal dalam berfikir dan bertindak, memiliki jiwa bela negara, dan terampil dalam berbagai kecakapan sebagai bekal untuk masa depan.

“Pembangunan karakter bangsa menjadi fokus bangsa kita kini dan kedepan. Untuk itu pembangunan SDM harus sejalan dengan pembangunan fisik, karena kunci keberhasilan pembanguan bangsa terletak pada sumber daya manusia yang berkualitas,”ujarnya saat membacakan sambutan Pj Bupati.

Nikodemus juga menuturkan, bahwa KBP adalah sarana pendidikan dan pertemuan besar bagi pramuka siaga, pengalang dan penegak yang bertujuan untuk membentuk watak, meingkatkan sikap kemandirian, keterampilan, memperkokoh jiwa persatuan dan kesatuan. Oleh sebab itu ia berharap kegiatan tersebut bisa diikuti seluruh peserta dengan sebaik-baiknya.

Sementara, Ketua Panitia Leda Al Muqsith mengatakan, pelaksanaan KBP se Kabupaten Katingan ini bertemakan “Suarakan Semangat Kepramukaan Melalui Persaudaraan Menuju Katingan Bermartabat”,yang dilaksanakan selama 6 hari pada tanggal 13- 18 agustus 2018.

Kemah besar pramuka ini diikuti dari enam Kwartir Ranting yakni, Katingan Hilir, Tasik Payawan, Tewang Sangalang Garing, Pulau Malan, Katingan tengah dan Sanaman Mantikei. Sehingga jumlah keseluruhan peserta sebanyak 602 orang, terdiri dari peserta Pengalang Putra 96 orang, Penegak Putra 149 orang, Penggalang Putri 97 orang, peserta Penegak Putri 155 orang, Peninjau 54 orang dan Pembina pendamping 78 orang. (ejk)

loading...
Advertisement
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement