Sekda Sebut 2019 Pedalaman Seruyan Bakal Dibangun 13 Menara BTS

KUALA PEMBUANG, KaltengEkspres.com –
Tahun 2019 mendatang, Kementrian Perhubungan (Kemenhub) akan mengucurkan miliaran dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) ke Pemerintah Kabupaten Seruyan untuk membangun belasan menara telekomunikasi diwilayah terisolir.

Ke 13 menara telekomunikasi atau Base Transceiver Station (BTS) yang akan bekerjasama dengan operator selular itu akan di sebar ke beberapa kecamatan yang desa-desanya tidak terakses sinyal telekomunikasi terutama wilayah hulu seperti Kecamatan Seruyan Tengah, Seruyan Hulu dan Suling Tambun.

“Sebenarnya kemarin kita usulkan 30 BTS ke kementrian, tapi yang disetujui baru 13 BTS,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Haryono di Kuala Pembuang, Jumat (13/7/2018).

Selain tiga kecamatan di wilayah hulu, lanjut dia, ada beberapa desa di kecamatan wilayah hilir juga masih berstatus blank spot atau tidak terakses sinyal telekomunikasi.

“Kabupaten Seruyan termasuk salah satu daerah tertinggal dan masih banyak wilayah di daerah kita yang masih berstatus titik kosong atau blank spot dan dari data yang kita himpun ada sekitar 27 blank spot di wilayah kita terutama di wilayah hulu,”ujarnya.

Haryono menjelaskan, masih banyaknya blank spot di Seruyan lantaran wilayah yang cukup luas dan daerahnya pun masih terisolir dari berbagai akses, terutama akses jalan yang juga masih belum memadai sehingga juga menyulitkan proses pembangunan sarana komunukasi.

“Dari pengajuan di tahun-tahun sebelumnya, kita bersyukur tahun ini dapat terealisasi,”paparnya. (vs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here