Pasar Timpah Berkobar, 30 Unit Bangunan Terbakar

KUALA KAPUAS, KaltengEkpres.com-Sedikitnya 30 unit bangunan di wilayah Pasar Timpah Desa Timpah Kecamatan Timpah terbakar pada Kamis (26/7) siang sekitar pukul 13.45 WIB. Masih belum diketahui penyebab api dan saat ini masih dalam penyelidikan kepolisian setempat.

Berdasarkan informasi yang dihimpun KaltengEkpres.com, api bersumber dari rumah warga bernama Rian di RT 03 Desa Timpah. Kemudian api terus menyasar di sekitar pasar dan menghanguskan beebrapa bangunan lainnya. Api menghanguskan bangunan rumah dan toko kurang lebih berjumlah 30 unit.

Api cepat menyasar ke bangunan lain, diduga lantaran banyak bangunan yang terbuat dari kayu, serta sumber daya pemadam kebakaran yang kurang memadai untuk menangani kobaran api di antara puluhan bangunan tersebut.

Api berhasil dijinakkan, dengan cara merobohkan bangunan untuk membatasi api merembet ke lebih banyak bangunan. Api juga dijinakkan oleh 2 unit Damkar yang datang dari Buntok Kabupaten Barito Selatan, terdiri dari unit Damkar Ranger dan unit Damkar menggunakan tangki, dengan dibantu warga setempat menggunakan mesin pompa portable.

“Kebakaran sudah berhasil dikendalikan dengan merobohkan bangunan untuk membatasi api, menggunakan mesin pompa air portable warga dan dibantu 2 unit pemadam kebakaran Buntok Barito Selatan,”ujar Jojon Warga Desa Timpah, Kamis sore.

Dikonfirmasi terkait ini, Camat Timpah Batu Panahan membenarkan, dan mengatakan data akurat terkait kebakaran sedang dihimpun. Termasuk mengetahui penyebab api yang menghanguskan puluhan bangunan tersebut.

“Nanti kita langsung membentuk Posko Kebakaran,” ujar Batu Panahan dihubungi KaltengEkpres.com via telepon seluler. (so)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here