Home / Kapuas

Selasa, 17 Juli 2018 - 10:33 WIB

Lolos Seleksi Ketat, 65 Perangkat Desa Kecamatan Bataguh Dilantik

KUALA KAPUAS, KaltengEkpres.com Sedikitnya 65 perangkat desa dari 10 desa dilantik serentak di Halaman Kantor Kecamatan Bataguh, Senin (16/7). Pelantikan dan pengambilan sumpah janji perangkat desa ini setelah melalui seleksi dan penjaringan yang ketat oleh Pemerintah Kecamatan Bataguh beberapa waktu lalu.

Menurut Camat bataguh, Budi Kurniawan, pengangkatan perangkat desa ini berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 83 Tahun 2015, yang dilaksanakan melalui tahapan seleksi mulai dari tingkat desa sampai di tingkat kecamatan.

“Kami seleksi dengan ketat, meliputi seleksi administrasi, ujian tertulis dan wawancara yang juga difasilitasi oleh DPMPD Kabupaten Kapuas dan Inspektorat Kabupaten Kapuas,” ujar Budi Kurniawan kepada KaltengEkspres.com, Selasa (17/7) pagi.

Baca Juga :  Tim Gabungan Apel Persiapan Pengamanan Arus Mudik Natal dan Tahun Baru

Camat Bataguh menjelaskan, dalam proses seleksi, pengangkatan dan pelantikan perangkat desa secara serentak ini merupakan sebuah terobosan baru di Kabupaten Kapuas.

Hal ini mempertimbangan efesiensi dan efektivitas, dan melalui proses ini akan menghasilkan perangkat desa yang memiliki kompetensi, kapabilitas dan integritas untuk membangun penyelenggaraan pemerintahan desa yang lebih baik.

“Proses seleksi juga dilaksanakan secara transparan dan akuntabel,” tambahnya.

Selain tes tertulis lanjut dia, seleksi juga dilakukan dengan tes kompetensi penggunaan komputer agar Sumber Daya Manusia (SDM) perangkat desa bisa memanfaatkan teknologi dalam pelaksanaan tugasnya. Sehingga ke depan, roda pemerintahan khususnya di Kecamatan Bataguh akan semakin baik dari tingkat pemerintahan desa, kelurahan dan kecamatan yang mendukung Pemerintahan Kabupaten Kapuas.

Baca Juga :  Warga Kapuas Tewas Terkena Sajam Sendiri

Adapun desa-desa yang dilantik perangkat desanya seperti Desa Terusan Raya Hulu, Desa Terusan Raya Barat, Desa Terusan Baguntan Raya, Desa Terusan Raya, Desa Terusan Karya, Desa Terusan Makmur, Desa Terusan Mulya, Desa Bamban Raya, Desa Bangun Harjo serta Desa Sei Lunuk. (so)

Share :

Baca Juga

Kapuas

Penjual Air Isi Ulang Merek Palsu Diciduk Polisi

Kapuas

Bupati Antusias Melepas Peserta Pawai Tanglong

Kapuas

Polsek Mantangai Baksos Berbagi Bingkisan dan Pengobatan Gratis

Kapuas

PLN Gencarkan Kampanye Transisi Energi Kendaraan Listrik 

Kapuas

Bandar Togel Kapuas Diringkus Polisi 

Kapuas

Penjual Alat Perabotan Rumah Tangga Nyambi Jualan Sabu

Kapuas

DPMD Kapuas dan TP-PKK Akhiri Pasar Murah di Desa Pulau Telo

Kapuas

Sopir Travel Ditemukan Tewas Saat Tertidur