Jaring Calon Penerus, Kucung-Diang Pariwisata Sosialisasi Sejumlah Sekolah

KUALA PEMBUANG, KaltengEkspres.com – Sebagai persiapan dan menjaring calon-calon penerus Kucung dan Diang Pariwisata Kabupaten Seruyan atau lebih dikenal dengan Putra dan Putri Pariwisata pada bulan September mendatang. Kucung dan diang melakukan sosialisasi ke sejumlah sekolah menengah atas yang ada di Kuala Pembuang.

Pada sosialisasi tersebut diisi oleh Diang pariwisata 2017 Putri, wakil Diang satu Zaskia dan Diang Fotogenic Fira Di Madrasah aliyah, Kamis(19/7/2018).

“Sedang melakukan kegiatan sosialisasi untuk pemilihan kucung dan diang pariwisata kabupaten seruyan tahun 2018 pada bulan September mendatang,” ujar Putri.

Ia menerangkan, pada kegiatan ini menargetkan kepada seluruh sekolah yang berada di kawasan Kabupaten Seruyan khususnya sekolah menengah atas serta perguruan tinggi yang ada di Kabupaten Seruyan.

“Pada kegiatan ini juga kami ingin berbagi pengalaman kepada calon-calon kucung dan dan diang yang akan menggantikan posisi kami nantinya,”ujarnya.

Sedangkan, untuk kriteria-kriteria yang akan dijadikan pedoman pada proses seleksi kucung dan diang Kabupaten Seruyan tahun 2018 ini yang pertama yaitu harus berdomisili di Kabupaten Seruyan dan yang kedua masalah tinggi badan untuk untuk laki-laki minimal 170 cm dan perempuan 160 cm dengan berat badan menyesuaikan yang ketiga menguasai bahasa Inggris secara pasif serta memiliki pengetahuan di bidang politik, sastra budaya dan sebagainya.

“Harus mampu menampilkan satu kelihaian pada malam unjuk bakat kucing pendiam itu adalah nama lain untuk putra dan putri pariwisata yang tidak lain berasal dari bahasa Dayak Kabupaten Seruyan,”jelasnya.

Sedangkan tugas dan peranannya tidak jauh beda dengan putra dan putri pariwisata pada umumnya yaitu mempromosikan sektor pariwisata yang berada di daerahnya dan pada saat hari-hari besar mereka akan menjadi penyambut para tamu undangan yang hadir tugas selanjutnya yaitu melakukan kunjungan wisata dan budaya yang ada di daerah masing-masing.

Diang pariwisata 2017 ini juga berharap agar generasi mendatang untuk tidak ragu untuk mengikuti pemilihan kucung dan diang Pariwisata Kabupaten Seruyan pada bulan September 2018 mendatang.

“Saya yakin pemuda dan Seruyan memiliki potensi serta memiliki kemampuan untuk menjadi duta pariwisata dan saya berharap siapapun nantinya yang akan menggantikan saya agar bisa menjadi yang terbaik dan bisa membawa perubahan serta progress pada saat di provinsi,”paparnya.

Sedangkan dari Fira Sebagai Diang Fotogenic mengatakan, yang pertama harus dilakukan ialah yakin dengan diri sendiri jangan takut untuk mencoba untuk membuat Seruyan lebih baik lagi untuk kedepannya. Dan dari wakil satu diang pariwisata Zaskia.

“Untuk saya sendiri kepada penerus kami agar bisa memajukan Kabupaten Seruyan khususnya di sektor pariwisata,”tandasnya. (vs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here