Home / Kotim

Selasa, 10 April 2018 - 20:27 WIB

Kapolres Kotim Diberi Gelar Kehormatan Dayak

SAMPIT, Kaltengekspress.com – Kapolres Kotim AKBP Muchtar Supiandi Siregar diberi gelar kehormatan dayak oleh tokoh mantir dayak Kotim dengan sebutan Manir Panambahan Karambang Lewu Madereh Danum.

Penganugerahan gelar tersebut ditandai secara simbolis dengan pemberian tapung tawar oleh mantir adat setempat dan juga tokoh ulama yang ada di Kotim di halaman Kantor Setda Kotim Selasa (10/4).

Pemberian gelar tersebut merupakan penghargaan kepada kapolres yang mengabdikan dirinya untuk ketertiban dan keamanan di masyarakat Kotim. Dalam acara tersebut kapolres mengenakan pakaian khas adat dayak dengan ciri khas tersematnya bulu burung tinggang serta membawa sebilah senjata Mandau di pinggang.

Baca Juga :  Pencuri Laptop Warga Sampit Diringkus Polisi

“Saya merasa terhormat dengan diberikannya gelar ini, semoga saja lebih memberikan kekuatan kepada saya untuk menjaga stabilitas Kotim yang pada gilirannya bisa menunjang kelancaran pembangunan,” kata Muchtar.

Bupati Kotim H. Supian Hadi dalam sambutannya mengatakan pemberian gelar kehormatan tersebut merupakan amanah yang diberikan masyarakat adat Dayak setempat kepada tokoh nomor satu di Polres Kotim tersebut. “Jujur saja saya sendiri sejak awal menjabat juga berkeinginan agar adat dayak bisa diaplikasikan pada tatanan masyarakat di sini,”ujarnya.

Baca Juga :  Berkat TMMD, Masyarakat Kini Semakin Cinta TNI

Dirinya juga berkeinginan untuk menghapus stigma negative terhadap masyarakat Dayak pasca konflik etnik beberapa tahun silam. “Kita ingin memberitahukan kepada dunia luar bahwa masyarakat Dayak itu sebenarnya adalah ramah dan terbuka, bukan lagi seperti anggapan beberapa tahun yang lalu terkesan penggal-penggalan,”paparnya.

Hukum adat Dayak juga menurutnya bisa mempersatukan beragam latar belakang masyarakat baik yang local maupun pendatang. “Intinya saya ingin mengajak untuk menerapkan prinsip di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung,”tandasnya. (FR)

Share :

Baca Juga

Kotim

Duhh!! Eksodus ke Kobar, PSK Pal 12 Kotim Diciduk Satpol PP Kobar

Kotim

Kotim Jadi Sarang Pabrik Miras Terbesar di Kalteng

Kotim

Politisi Parpol Ikut Salurkan Bantuan Bagi Korban Kebakaran Teluk Dalam

Kotim

Pengcabor Banyak Vakum, Dispora Kotim Kecewa

Kotim

Gampar Warga, Agau Diciduk Polisi

Kotim

AMPI dan KNPI Kotim Sinergi Dalam Baksos

Kotim

Tabrak Pikap, Pengendara Motor Terkapar

Kotim

Tanpa Kenal Lelah Satgas TMMD dan Masyarakat Kejar Target
error: Content is protected !!