Home / Kotim

Selasa, 10 April 2018 - 20:27 WIB

Kapolres Kotim Diberi Gelar Kehormatan Dayak

SAMPIT, Kaltengekspress.com – Kapolres Kotim AKBP Muchtar Supiandi Siregar diberi gelar kehormatan dayak oleh tokoh mantir dayak Kotim dengan sebutan Manir Panambahan Karambang Lewu Madereh Danum.

Penganugerahan gelar tersebut ditandai secara simbolis dengan pemberian tapung tawar oleh mantir adat setempat dan juga tokoh ulama yang ada di Kotim di halaman Kantor Setda Kotim Selasa (10/4).

Pemberian gelar tersebut merupakan penghargaan kepada kapolres yang mengabdikan dirinya untuk ketertiban dan keamanan di masyarakat Kotim. Dalam acara tersebut kapolres mengenakan pakaian khas adat dayak dengan ciri khas tersematnya bulu burung tinggang serta membawa sebilah senjata Mandau di pinggang.

Baca Juga :  Dandim 1015 Sampit Bangga Progres Capaian TMMD

“Saya merasa terhormat dengan diberikannya gelar ini, semoga saja lebih memberikan kekuatan kepada saya untuk menjaga stabilitas Kotim yang pada gilirannya bisa menunjang kelancaran pembangunan,” kata Muchtar.

Bupati Kotim H. Supian Hadi dalam sambutannya mengatakan pemberian gelar kehormatan tersebut merupakan amanah yang diberikan masyarakat adat Dayak setempat kepada tokoh nomor satu di Polres Kotim tersebut. “Jujur saja saya sendiri sejak awal menjabat juga berkeinginan agar adat dayak bisa diaplikasikan pada tatanan masyarakat di sini,”ujarnya.

Baca Juga :  Terciduk Bertransaksi Sabu, Sekdes Parebok Diringkus Polisi

Dirinya juga berkeinginan untuk menghapus stigma negative terhadap masyarakat Dayak pasca konflik etnik beberapa tahun silam. “Kita ingin memberitahukan kepada dunia luar bahwa masyarakat Dayak itu sebenarnya adalah ramah dan terbuka, bukan lagi seperti anggapan beberapa tahun yang lalu terkesan penggal-penggalan,”paparnya.

Hukum adat Dayak juga menurutnya bisa mempersatukan beragam latar belakang masyarakat baik yang local maupun pendatang. “Intinya saya ingin mengajak untuk menerapkan prinsip di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung,”tandasnya. (FR)

Share :

Baca Juga

Kotim

3 Orangutan Berhasil Dievakuasi Tim Rescue

Kotim

Renovasi Musala oleh TNI Menuai Decak Kagum Warga Bapinang Hilir 

Kotim

Ketua Komplotan Curanmor Kota Besi Dibekuk Polisi di Seruyan

Kotim

Dukung Baksos di Kejati, Kejari Kotim Berangkatkan 35 Penderita Katarak

Kotim

Dilintasi Truk CPO, Kerusakan Jalan HM. Arsyad Tambah Parah

Kotim

Sembilan Panpilkades Terantang Dilantik

Kotim

Curi Ponsel, 3 Nelayan Ujung Pandaran Diringkus Polisi 

Kotim

TMMD Menjawab Harapan Desa Tertinggal
error: Content is protected !!