Enam Fraksi Tak Setujui Satu Ranperda Usulan Pemkab Kobar

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Enam fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kobar sepakat tidak menyetujui satu rancangan peraturan daerah (ranperda) dari dua ranperda yang diusulkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kobar. Ranperda yang tidak disetujui tersebut yakni ranperda tentang retrebusi pemeriksaan alat pemadam kebakaran. Sementara satu ranperda lainnya, yakni ranperda penyelenggaraan perhubungan sepakat disahkan, untuk menjadi sebuah peraturan daerah (Perda).

“Dari dua ranperda yang diusulkan Pemkab Kobar ini, satu ranperda disetujui untuk disahkan. Sementara satu ranperda yakni tentang retrebusi pemeriksaan alat damkar, terdapat dua kubu fraksi yang menyatakan sikap menolak dan menunda. Dalam artian tidak menyetujui ranperda tersebut saat ini,”ungkap Triyanto kepada sejumlah awak media seusai menghadiri rapat paripurna dengan agenda penyampaikan pandangan umum fraksi di Aula DPRD Kobar Senin (9/4).

Triyanto mengatakan, satu ranperda tersebut tidak disetujui karena dari rapat gabungan antara masing-masing komisi di DPRD Kobar dan pihak eksekutif beberapa waktu lalu, ranperda ini dianggap belum waktunya diberlakukan di Kabupaten Kobar. Lantaran jika diberlakukan, akan menjadi beban bagi masyarakat yang menjadi objek pungutan retrebusi dari perda tersebut nantinya.

Menyikapi hal ini, Wakil Bupati (Wabup) Kobar Ahmadi Riansyah, menghargai keputusan pihak eksekutif untuk belum menyetujui ranperda tersebut. Menurut dia, langkah selanjutnya Pemkab Kobar akan mengkaji ranperda tersebut, dengan melakukan evaluasi. (hm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here