Connect with us

Seruyan

PLTMH Rusak, Masyarakat Suling Tambun Tak Miliki Listrik

Pjs Bupati Seruyan Leonard S Ampung saat meninjau PLTMH Desa Suling belum lama ini.
KUALA PEMBUANG, KaltengEkspres.com – Sudah empat bulan terakhir dua desa di Kecamatan Suling Tambun Kabupaten Seruyan tidak dapat menikmati listrik, hal ini dikarenakan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Suling Tambun mengalami kerusakan.

Camat Suling Tambun Lipinus mengatakan, kerusakan ini sudah terjadi sejak awal januari lalu dan hingga saat ini masih dalam proses perbaikan, kerusakan tersebut terjadi pada poli dinamo mesin penggerak, kerusakan PLTMH ini juga sudah di laporkan secara resmi ke Pemkab Seruyan melalui bagian perekonomian Setda Seruyan.

“Kami juga merupaya memperbaiki kerusakan alat ini ,dengan membeli peralatan yang rusak melalui uang iuran warga untuk pemeliharaan mudah mudahan dalam waktu dekat alat yang di pesan bisa segera datang,” ujarnya Jum’at (27/4/2018).

Ia menambahkan, salah satu kendala tidak maksimalnya proses pemeliharaan dan perbaikan PLTMH Suling Tambun,lantaran pihak desa dan kecamatan tidak bisa menganggarkan biaya untuk perawatan PLTMH dikarenakan hingga saat ini belum ada proses serah terima PLTMH tersebut dari pemerintah pusat ke daerah.

Sementara itu, Pjs Bupati Seruyan Leonard S Ampung saat meninjau lokasi PLTMH Suling Tambun mengatakan, Pemkab Seruyan melalui bagian perekonomian, segera berkordinasi dengan pemerintah pusat melalui Kementrian ESDM untuk mengatasi kerusakan yang terjadi pada PLTMH tersebut dan meminta agar segera dilakukan perbaikan.

“Karena PLTMH ini merupakan aset pemerintah pusat,maka kita segera  berkordinasi dan meminta dilakukan perbaikan dalam waktu segera,”bebernya. 

Sedangkan terkait hingga saat in aset tersebut belum di serahkan pengelolaannya ke pemerintah daerah. Leonard menjelaskan, hal ini harus di bicarakan, agar jelas dalam pengelolaan nya,sehingga apabila terjadi kerusakan tidak memakan waktu lama dalam perbaikannya,karna ada kejelasan terkait aset PLTMH ini.

“Jika kerusakan ini di biarkan berlarut larut yang jadi korban masyarakat Suling Tambun yang tidak bisa menikmati jaringan listrik,”papar Leonard. (vs)
loading...
Advertisement
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement