Connect with us

Daerah

Peringati Hari Kartini, Komunitas Siti Aisyah Gelar Lomba Jukung di Danau Chana’s Lake

Calon Bupati Sukamara H Mugeni saat menyerahkan hadiah secara simbolis kepada peserta yang berhasil menjadi pemenang lomba jukung Senin (23/4).

SUKAMARA, KaltengEkspres.com – Peringati Hari Kartini 2018 di Kabupaten Sukamara, para wanita yang tergabung dalam Siti Aisyah sebuah komunitas pendukung pasangan calon (paslon) Bupati dan dan Wakil Bupati H. Mugeni, SH, MH dan Damanhuri, S.Ip (MUDAH), menggelar kegiatan lomba jukung (perahu).

Peserta saat mengikuti lomba di Danau Chanas Lake Senin (23/4)

Perlombaan yang melibatkan masyarakat umum tersebut digelar di Danau  Chanas Lake di Dusun Terantang, Desa Natai Sedawak, Senin (22/4/2018).

Ratusan peserta ambil bagian dalam perlombaan tersebut. Aksi mereka menjadi hiburan gratis bagi warga. 

Calon Wakil Bupati Damanhuri saat menyerahkan hadiah bagi peserta.

“Mengambil momen peringatan Hari Kartini ini, kami atas nama komunitas Siti Aisyah menggelar kegiatan lomba bajukung atau sampan. Perlombaan khusus untuk para ibu-ibu sebagai penghomatan kepada sosok Kartini, seorang wanita tangguh, berani dan mandiri. Semangat beliau perlu ditiru dalam kehidupan keluarga dan bernegara,”ujar Pembina Komunitas Siti Aisyah, Hj. Khairiah Noor Senin (23/4/2018). 

Peserta sedang antusias mengayuh sampan saat mengikuti kegiatan.

Menurut dia, dalam perlombaan ini, panitia menyediakan dua buah sampan kayu. Peserta diwajibkan mengelilingi sebuah pulau kecil.  Sekitar 200 meter lebih sampai ke garis finish. Ukuran sampan yang cukup membawa dua orang dewasa, membuat peserta harus pintar-pintar menjaga keseimbangan. 

“Apalagi saat memutar haluan di ujung pulau kecil, jika tidak seimbang, sampan akan bertabrakan dan tenggelam. Itulah tantangan dan sensasinya, diperlukan keberanian dan ketangkasan menaklukan Danau Chanas Lake, sebuah alternatif tempat rekreasi keluarga di Kabupaten Sukamara,”paparnya.

Dijelaskannya, bahwa peserta yang mengikuti kegiatan ini kurang lebih skeitar 100 orang. Terdiri-dari peserta muda, dan sudah tua. Mereka bersemangat mengikuti kegiatan. 

“Kami memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih atas partisipasi para peserta dalam perlombaan. Kegiatan ini sekaligus menjalin silaturahim antaranggota Siti Aisyah dan masyarakat umum, terutama para wanita sebagai tiangnya negara,”urai Hj. Khairiah Noor seraya memberikan semangat agar kaum wanita turut berperan dalam memajukan serta membangun Kabupaten Sukamara.

Sementara itu, para penonton yang menyaksikan mengaku terhibur dengan kegiatan perlombaan tersebut. Apalagi perlombaan dilaksanakan di lokasi yang nyaman, sehingga sembari menyaksikan emak-emak zaman now berkayuh jukung, bisa sambil rehat dan rekreasi bersama keluarga di pinggiran Danau Chanas Lake. 

“Lokasinya nyaman, teduh dan asri, cocok untuk rekreasi keluarga. Hari ini libur, sengaja saya bawa istri dan anak-anak nonton lomba, ternyata ramai,”ujar Eka Harja, salah seorang warga yang asyik menonton dari bawah pohon tepi danau.

Sedangkan pantauan di lapangan, tak sedikit warga yang tertarik hadir menyaksikan perlombaan. Itu terlihat saat ramainya penonton berjejer menyaksikan dari tepian danau. Bahkan tak kalah dengan olahraga lainnya, suara teriakan penonton memberi semangat peserta, memecah suasana sepi di danau yang dibangun di tengah kebun kelapa sawit itu. (rj/hm)
loading...
Advertisement
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement