Connect with us

Seruyan

Pjs Bupati Dorong SOPD Fokus Bangun Perekonomian Masyarakat Perdesaan

Pjs Bupati Seruyan Leonard S Ampung saat menyampaikan sambutannya Kamis (5/4).
KUALA PEMBUANG, KaltengEkspres.com
Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Seruyan, Leonard S Ampung mengintruksikan sekaligus mendoorong seluruh Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) dilingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan untuk memprioritaskan atau fokus membangun perekonomian masyarakat perdesaan.

“Fokus pembangunan ke depan harus menggerakkan sektor perekonomian masyarakat, terutama yang berada di pedesaan sehingga mampu mengurangi jumlah desa tertinggal dan angka kemiskinan,” ungkap Pjs Bupati Leornard S Ampung, Kamis (5/4/2018).

Leonard mengatakan, sejumlah pembangunan yang perlu digenjot untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat pedesaan adalah penyediaan infrastruktur dan fasilitas umum, seperti jalan-jalan yang menghubungkan antar kecamatan dan antar desa, serta jalan penghubung menuju kawasan strategis seperti Pelabuhan Samudera Teluk Segintung.

Menurut Leonard, masih terbatasnya infrastruktur saat ini, membuat aktivitas ekonomi masyarakat menjadi tidak bisa bergerak, karena terbambatnya arus barang dan jasa.

Selain itu, sejumlah kegiatan perekonomian lainnya yang harusnya dapat dilakukan di dalam daerah, namun justru dilakukan di kabupaten lain.

Seperti pengiriman crude palm oil (CPO) dari perusahaan perkebunan yang ada di Seruyan, selama ini justru dilakukan melalui Kabupaten Kotawaringin Timur, akhirnya tidak terlalu berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat Seruyan.

“Karena itu, pembangunan infrastruktur, khususnya di wilayah kecamatan dan desa harus dimaksimalkan agar perekonomian masyarakat dapat bergerak,” katanya.

Ia menambahkan, selain fokus mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat, SOPD juga harus fokus dalam penyusunan program dan kegiatan. Tidak perlu merencanakan terlalu banyak kegiatan supaya mendapatkan hasil yang maksimal.

Kemudian, lanjut dia, orientasi dari sebuah kegiatan juga harus jelas, baik output (hasil) dan juga outcome (manfaat) sehingga tidak terkesan hanya membagi dan menghabiskan anggaran. “Prinsipnya uang harus mengikuti program, bukan program mengikuti uang,”tandasnya. (vs)
loading...
Advertisement
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement