Connect with us

Seruyan

Tingkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat, Pemkab Gelar Pengobatan Gratis

Pjs Bupati Seruyan Leonard S Ampung saat menyerahkan bantuan alat kesehatan kepada petugas Posbindu Seruyan Jumat (30/3).
KUALA PEMBUANG, Kaltengekspres.com
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan, menggelar pengobatan gratis untuk masyarakat umum di Kuala Pembuang, Jumat (30/3/2018).

Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Seruyan Leonard S Ampung mengatakan, pengobatan gratis diselenggarakan sebagai upaya pemerintah meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

“Kita melakukan berbagai cara untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, salah satunya melaui pengobatan gratis,” katanya.

Leonard menjelaskan, pembangunan kesehatan merupakan salah satu bidang yang telah menjadi prioritas pemerintah, karena kesehatan adalah investasi penting untuk mendukung pembangunan sektor lainnya.

Kemudian, sebagai bentuk pelayanan kesehatan kepada masyarakat, kegiatan pengobatan gratis secara terjadwal akan terus dilakukan ke kecamatan-kecamatan yang ada di Seruyan.

“Jika masyarakat sehat, maka produktivitas daerah juga akan meningkat sehingga pembangunan berbagai sektor juga dapat berjalan dengan baik,”ujarnya.

Ia menambahkan, selain berbagai upaya yang dilakukan pemerintah, kualitas kesehatan dapat diwujudkan masyarakat dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang serta menjaga lingkungan sekitarnya tertap bersih.

“Tolong kepada masyarakat, masalah makanan dijaga. Apalagi di Kuala Pembuang makanan enak-enak, seperti ikan asin, udang, kepiting yang apabila dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Kalau sudah kesehatan terganggu maka habis waktu dan biaya tersita hanya untuk itu saja,” ungkapnya.

Sementara, kegiatan pengobatan gratis yang dipusatkan di RSUD Kuala Pembuang melibatkan puluhan tenaga medis dari RSUD Kuala Pembuang dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Seruyan.

Pengobatan gratis meliputi pengobatan berbagai penyakit non tindakan operasi dan pemeriksaan kesehatan.

Antusias warga desa setempat untuk mendapatkan layanan pengobatan gratis sangat tinggi. Terdapat sebanyak ratusan warga yang mengkuti kegiatan sosial tersebut yang terdiri dari orang tua lanjut usia, ibu hamil dan anak-anak.

Selain pengobatan gratis, kegiatan tersebut dirangkai dengan pemberian Makanan Pendamping ASI (MP-ASI), Lansia KIT, Kartu Kalteng Berkah, serta makanan tambahan untuk anak. (vs)

Advertisement
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement