Connect with us

Katingan

PLTS Rusak, Desa Tumbang Kanei Gelap Gulita

IST- PLTS di Desa Tumbang Kanei yang mengalami kerusakan saat diambil potonya. Akibat kerusahan ini desa setempat menjadi gelap gulita.

KASONGAN, KaltengEkspres.com – Sejak awal Januari 2018 hingga akhir Maret 2018 ini, Desa Tumbang Kanei Kecamatan Sanaman Mantikei Kabupaten Katingan masih gelap gulita. Ini disebabkan, karena pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) terpusat di desa mengalami kerusakan dan tak kunjung diperbaiki.

“Sudah sejak Januari 2018 lalu, keadaan desa kami mejadi gelap gulita bila malam hari, karena PLTS yang ada rusak,”ungkap Kepala Desa (Kades) Tumbang Kanei, Ruji Yanto Rabu (27/3/2018).

Menurutnya, PLTS terpusat di desanya itu mulai berdiri dan berfungsi pada awal tahun 2012 lalu. Awalnya PLTS terpusat mampu menerangi 70 rumah warga. Kemudian, ada penambahan sehingga mampu menerangi 80 rumah warga, belum termasuk lampu penerangan jalan. Hanya di tahun 2017 lalu, PLTS mulai ada gangguan, dan saat ini keadaan di desa setempat, listrik nya mati total.

Selaku Kedes, mewakili masyarakatnya, ia berharap agar Pemkab Katingan dapat membantu memperbaiki PLTS  yang rusak tersebut. Lantaran kerusakan yang dialami pada bagian aki PLTS sebanyak 48 buah tersebut tidak bisa berfungsi. “Kemungkinan kerusakan aki PLTS tersebut  karena sudah cukup lama usia,”paparnya.

Ruji Yanto menjelaskan, bahwa pihaknya sudah menyampaikan secara  lisan permasalahan PLTS kepada pemerintah daerah melalui Bagian Sumber Daya Alam (SDA), karena PLTS itu merupakan bantuan dari pemerintah pusat. Namun sampai saat ini belum ada tindaklanjuti dari Pemkab Katingan untuk memperbaikinya. “Untuk itu kami memohon agar permasalahan PLTS yang tidak berfungsi di desa kami diperhatikan pemerintah daerah agar diperbaiki,”tandasnya. (Ejk)

Advertisement
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement