Connect with us

Seruyan

Pjs Bupati Seruyan Minta Kualitas Jalan Pelabuhan Segintung Ditingkatkan

Pjs Bupati Seruyan Leonard S Ampung saat memberikan keterangan kepada sejumlah awak media Sabtu (24/3).
KUALA PEMBUANG, KaltengEkspres.com
Penjabat Sementara Bupati Seruyan, Leonard S Ampung meminta kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Seruyan agar memperhatikan kualitas pembangunan jalan menuju Pelabuhan Samudera Teluk Segintung.

“Kualitas harus benar-benar diperhatikan agar jalan menuju Pelabuhan Segintung dapat dilalui dengan baik,”ungkap Leonard kepada Kalteng Ekspres.com, Sabtu(24/3/2018).

Menurut Leonard, yang harus diantisipasi dalam pembangunan jalan tersebut adalah daya tahan jalan, mengingat ke depan Pelabuhan Segintung akan menjadi salah satu pintu keluar masuk barang di Kalteng yang akan dilalui kendaraan dengan muatan besar.

“Lalu lintas menuju Pelabuhan Segintung ke depan akan ramai, karena itu masalah muatan harus diantisipasi. Jadi paling tidak jalan yang dibangun mampu menahan kendaraan dengan muatan minimal delapan ton,”ujarnya.

Ia menjelaskan, selain daya tahan, hal lainnya yang harus dipersiapkan dari sekarang adalah rencana pelebaran jalan sepanjang kurang lebih 20 kilometer dari Kota Kuala Pembuang menuju Pelabuhan Segintung.

Karena berdasarkan hasil kunjungan ke lapangan, lanjut dia, sebagian besar bahu jalan menuju pelabuhan banyak yang gunakan warga untuk bercocok tanam, terutama tanaman pisang. Padahal hal tersebut tidak boleh terjadi, karena akan membuat tanah menjadi gembur dan dapat mempengaruhi kualitas jalan yang akan dibangun.

“Ini juga sudah kita minta agar segera ditindaklanjuti, agar jalan menuju Pelabuhan Segintung dapat dibangun dengan baik dan berkualitas,”paparnya.

Sementara, Kepala DPU-PR Seruyan, Pieter Manginte mengatakan, proyek pengaspalan jalan akses menuju Pelabuhan Segintung ditargetkan rampung pada September 2018.

“Proyek pengaspalan jalan senilai Rp43 miliar sudah selesai dilelang. Minggu depan pengaspalan jalan sudah mulai dikerjakan, dan saat masih mobilisasi alat untuk pengerjaan,” katanya.

Ia menjelaskan, pengaspalan itu akan dilakukan dengan lebar 5,5 meter dan panjang kurang lebih 20 kilometer dari perempatan jalan lingkar luar Kuala Pembuang hingga ujung Pelabuhan Segintung.

Pengaspalan itu sendiri dilakukan sebagai salah satu yang diprasyaratkan pemerintah pusat untuk operasional Pelabuhan Segintung.

“Pemkab Seruyan memang memprioritaskan penyelesaian ruas jalan menuju Pelabuhan Segintung untuk mempercepat operasional pelabuhan, karena itu kita berharap pengaspalan dapat berjalan dengan baik,”tandasnya. (vs)
Advertisement
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement