Connect with us

Seruyan

PKK Seruyan Ajak Masyarakat Gunakan Produk Lokal

Ketua TP-PKK Seruyan Natalin saat memberikan keterangan kepada sejumlah awak media Kamis (22/3)

KUALA PEMBUANG, Kaltengekspres.com –Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Seruyan, mengajak masyarakat Kabupaten Seruyan untuk mencintai dan menggunakan produk lokal yang ada di daerahnya. “Dari sekarang ayo mulai mencintai dan menggunakan produk, karena siapa yang mau memulai kalau bukan kita di daerah,” kata Ketua TP-PKK Seruyan Natalin Florentin di Kuala Pembuang, Kamis (22/3/2018).

Ia mengatakan, produk lokal yang dihasilkan masyarakat Seruyan cukup banyak, mulai dari kerajinan tangan hingga aneka olahan makanan. Produk-produk lokal yang telah dihasilkan tersebut memiliki kualitas sangat baik, serta tidak kalah jika dibandingkan dengan produk daerah lain di Indonesia. Bahkan dari segi harga produk lokal lebih murah.

“Produk lokal ini layak untuk dipasarkan keluar daerah. Tapi bagaimana mau dipasarkan atau dipromosikan keluar sementara kita sendiri belum menggunakan atau merasakannya. Jadi kalau kita mau promosikan ke masyarakat luas, maka kita dulu harus pakai,” katanya.

Natalin yang juga istri Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Seruyan Leonard S Ampung ini mengaku, secara pribadi dirinya sudah mulai mempromosikan sejumlah olahan pangan lokal saat melakukan perjalanan ke luar daerah.”Ada beberapa olahan seperti kerupuk pipih yang saya bawa dan tunjukkan ke teman-teman di Jakarta. Mereka sangat mengapresiasi karena rasanya enak,” katanya.

Ia menambahkan, PKK sudah melakukan pertemuan dengan Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Diskoperindag UMKM) untuk merencanakan pengembangan produk yang ada di Seruyan.”Kita memang sudah melakukan pertemuan dengan pihak Diskoprindag, dan kita berencana untuk mengunjungi beberapa kecamatan untuk melihat langsung potensi yang bisa munculkan,” katanya.

Menurutnya, dengan menggunakan produk lokal berarti masyarakat ikut mengembangkan dan memajukan usaha kecil. Tanpa dukungan masyarakat, usaha kecil sulit berkembang.”Dengan menggunakan produk lokal, kita ikut menghidupkan perekonomian masyarakat serta berkontribusi dalam upaya mengentaskan pengangguran dan kemiskinan di daerah,”tandasnya. (vs)

Advertisement
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement