Connect with us

Kobar

Haul ke-10 Kyai Gede Dihadiri Ribuan Warga

Ribuan warga tampak sedang memadati halaman sekitar makam Kyai Gede saat menghadiri Haul ke-10 Kyai Gede di Kecamatan Kolam Sabtu (7/3/2018).

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Ribuan warga Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) dan kabupaten tetangga memadati halaman sekitar komplek pemakaman Kyai Gede di Kecamatan Kotawaringin Lama (Kolam) Kabupaten Kobar, Sabtu (17/3/2018).

Kedatangan warga ini menghadiri haul ke-10 Kyai Gede di kecamatan setempat. Kegiatan haul ini turut dihadiri oleh Bupati Kobar Hj Nurhidayah, dan unsur Forum Koordinasi Pimpinam Daerah (FKPD) Kobar serta sejumlah pejabat lainnya. 

Bupati Kobar Hj Nurhidayah mengatakan, Pemkab Kobar menyambut baik terlaksananya haul Kyai Gede  di Kecamatan Kolam. Ia berharap, kegiatan haul ini selain sebagai sarana ibadah, ke depan sesuai dengan visi dan misi pihaknya dilingkup Pemkab Kobar, kegiatan tersebut menjadi sebagai wisata religi Kobar.

Untuk itu, lanjut dia, adanya potensi pariwisata religi yakni Makam Kyai Gede dan masjidnya serta Istana Alnursari di Kecamatan Kolam ini, ke depan bisa memberikan dampak positif dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat di Kecamatan Kolam.

“Karena itu peranan semua stakeholder terkait sangat diperlukan baik itu dari instansi teknis terkait, kecamatan, kelurahan, tokoh agama dan seluruh masyarakat Kolam wajib terlibat dalam mengelola dan mengembangkan potensi yang ada ini,”ungkap Bupati saat menyampaikan sambutannya di kegiatan Haul Kyai Gede, Sabtu (17/3/2018).

Sementara itu salah seorang warga setempat mengatakan, haul ke 10 Kyai Gede tahun ini dihadiri lebih banyak pengunjung. Diperkirakan lebih dari seribu warga baik yang berasal dari Kabupaten Kobar, maupun dari kabupaten tetangga. Seperti Kabupaten Sukamara dan Lamandau. “Ribuan warga ini sudah datang sejak tadi pagi,”ujarnya.

Sementara itu kegiatan haul Kyai Gede ini juga mendatangkan salah seorang ustadz kondang asal Jakarta. Yakni Ustadz Haikal Fikri. Putra almarhum KH Zainuddin MZ Ini memberikan tausiah kepada para pengunjung sehingga menambah kesan religi pada kegiatan haul tersebut. (hm)
Advertisement
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement