Home / Kobar

Rabu, 14 Maret 2018 - 17:09 WIB

17 IKM Kobar Terima Sertifikat Halal Dari Disperindagkop dan UMKM Kobar

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Sedikitnya 17 Industri Kecil Menengah (IKM) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menerima sertifikat halal dari Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UMKM Kabupaten Kobar. Sertifikat halal ini langsung diserahkan Kepala Disperindagkop UMKM Kobar Jahotler Lumban Gaol di Aula Kantor Disperindagkop UMKM Kobar Rabu (14/3/2018).
Jahotler mengatakan, 17 IKM yang menerima sertifikat halal tersebut berasal dari Kecamatan Arut Selatan dan Kecamatan Kumai. Sertifikat halal ini diberikan khusus bagi pengusaha makanan dan obat-obatan. Tujuannya, supaya dengan adanya sertifikat halal ini memberikan kepastian hukum secara tertulis dari lembaga berwenang selain itu juga bisa melindungi konsumen dan meningkatkan daya saing dalam pemasaran produk di Kabupaten Kobar.

Baca Juga :  Dirazia Polisi, Balapan Liar Kocar Kacir, Sembilan Berhasil Ditangkap




“Jadi perlu diketahui, sebelum menerima sertifikat halal ini. Sertifikasi telah dilakukan sebelumnya yakni selama tiga hari yang dilaksanakan pada November 2017 lalu, diwilayah Arsel dan Kumai. Sertifikasi ini dilakukan oleh auditor lembaga pengkajian pangan, obat-obatan dan kosmetik Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kalteng yang jumlahnya enam orang,”ujar Jahotler kepada sejumlah awak media seusai penyerahan sertifikat halal kepada IKM Rabu (14/3/2018).

Ia menjelaskan, bahwa seharusnyan sertifikat ini diserahkan kepada 20 IKM di Kobar. Namun karena ada tiga dianggap belum memenuhi syarat administrasi pada saat dilakukan sertifikasi. Sehingga akhirnya hanya 17 IKM yang lolos dan menerima sertifikat halal.

Pada kesempatan itu ia berharap melalui sertifikasi ini mampu meningkatkan daya saing para pemilik usaha kecil yang ada di Kobar. Sehingga kedepan tidak hanya 17 IKM saja yang menerima sertifikat halal melainkan bisa lebih banyak lagi.

Senada juga diungkapkan oleh Kepala seksi Industri Agro dan Hasil Hutan, Disperindag, Koperasi dan UMKM Kobar, Subandi. Menurut dia, sertifikat ini diberikan untuk memperkuat legalitas usaha bagi para pemilik IKM di Kobar. (hm)

Share :

Baca Juga

Kobar

Gubernur Ajak Seluruh Masyarakat Kobar Perangi Narkoba

Kobar

Tabrakan Dua Kelotok Tewaskan Satu Bocah, Dua Balita Hilang

Hukum Kriminal

Simpan Sabu Dalam Sekring Lampu Warga Arut Utara Diamankan Polisi

Kobar

Jual Sabu, Sopir Truk Diringkus PolisiĀ 

Kobar

Busett!! Barang Curian Dijual di Medsos, Aksi Pencurian Dibongkar Polisi, Satu Pelaku Didor

Kobar

Bulan Ini, Bangunan Ruang Tunggu di Pelabuhan Panglima Utar Dirombak

Kobar

Antisipasi Virus Corona, KSOP Kumai Tertibkan Kapal Asing

Kobar

Dipicu Api Kompor, Rumah Warga Pasir Panjang BerkobarĀ