Connect with us

Kobar

WOW!! Hasil P1 Adipura Kobar Tertinggi di Kalteng

SOPD serius menghadiri rapat koordinasi di ruang rapat bupati Kamis (8/3/2018).

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Penilaian adipura tahap satu (P1) telah telah dilaksanakan. Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) meraih hasil positif dengan mendapat nilai tertinggi se-Kalteng. Dengan nilai yakni 76,67.  Sementara nilai di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) 77,63.

Bupati Kobar, Hj Nurhidayah mengatakan,  dalam P2 adipura pihaknya akan berupaya mempertahankan dan harapannya bisa meningkatkan dari P1.

”Kita sudah evaluasi masih ada titik-titik pantau yang memiliki nilai rendah atau dibawah rata-rata pada P1, karena itu rapat koordinasi yang digelar hari ini semoga bisa meningkatkan nilai kita pada  P2 nantinya,”ujar Nurhidayah seusai rapat koordinasi di ruang rapat Bupati Kamis (8/3/2018).

Nurhidayah mengatakan, ada beberapa titik pantau yang diharapkan bisa menambah poin pada penilaian selanjutnya.  Salah satunya seperti di pasar, dan pemukiman penduduk. Karena itu, Bupati meminta kepada para pedagang agar tertib mematuhi peraturan yang telah dibuat. Yakni tidak membuang sampah sembarangan.

Sisa-sisa jualan agar dimasukkan kedalam tempat sampah yang disediakan. Selain itu Bupati juga meminta agar setiap toko menyediakan tempat sampah agar hal itu memudahkan masyarakat ketika ada sampah plastik tidak dibuang sembarangan.  

”Kita tetap optimis bisa meraih adipura kembali, asal kita meminta kekompakan semua pihak, tanpa ada dukungan dan kekompakan mustahil bisa terwujud,”ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kobar, Bambang Sudjatmiko Trikora mengatakan, pihaknya sebagai koordinator dalam hal ini akan terus berupaya meningkatkan nilai dititik pantau yang masih dibawah rata-rata.

Antara lain Tempat Pembuangan Sementara (TPS) nilai masih rendah karena masih ada yang membuang diluar TPS. Kemudian pemilahan sampah termasuk di pemukiman juga masih ada yang kurang, maka dari itu tim akan terjun supaya bisa mendapatkan hasil yang maksimal.(hm)

Advertisement
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement