Connect with us

Barito

Menipu Kapten Kapal, Habib Palsu di Barsel Diciduk Polisi

Ilustrasi net.

BUNTOK, KaltengEkspres.com Masyarakat kerap selalu berhati-hari dari berbagai modus kejahatan untuk mengelabui dan menipu korbannya. Seperti yang terjadi di Desa Danau Bambaler, Barito Selatan (Barsel) ini. Seorang pria bernama Jeki alias Ari (18) menipu korbannya kapten kapal bernama Budiono dengan mengaku sebagai habib yang bisa mengusir setan. 

“Modus yang digunakan tersangka saat mengelabui korbannya dengan cara mengaku Habib Said yang bisa mengusir setan, namun meminta persyaratan menyediakan uang yang cukup banyak kepada sang korban,” kata Kapolres Barsel AKBP Eka Syarif Nugraha Husen melalui Kasat Reskrim AKP Triyo Sugiyono,SH kepada Kalteng Ekspres.com, Rabu (7/3/2018).

Ia menjelaskan, sebelum kejadian pada Rabu (28/2/2018) lalu, tersangka mengiming-imingi korban bisa mengusir setan di kapal milik korban. Lalu tersangka meminta beberapa syarat untuk ritual tersebut.

“Syarat yang diminta tersangka, kepada korban berupa kain kuning, kain putih, piring warna coklat dan uang sebesar Rp 2,5 juta,” ujar Triyo.

Ketika semua syarat tersebut sudah dipenuhi korban, lanjut Triyo, tersangka meminta kepada korban untuk membuka syarat yang diminta sebelumnya pada Kamis (1/3/2018) lalu. Setelah waktu yang ditentukan, korban membuka syarat tersebut dan ternyata uang sebesar Rp 2,5 juta telah raib.

“Merasa telah ditipu, korban lalu melaporkannya ke Polres Barsel. Berdasarkan laporan tersebut kita segera bergerak untuk mencari dan mengamankan tersangka,” ungkapnya.

Atas perbuatannya tersangka yang melakukan bujuk rayu dengan tipu muslihat terhadap korban ini dikenakan pasal 378 KUHP Jo 372 KUHP, dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara. (rif)

Advertisement
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement